Cegah Stunting, BKKBN Bersama TNI AL Baksos Diatas Kapal KRI – 991

0
23
Baksos BKKBN bersama TNI AL diatas Kapal KRI - 991

TNews, Biak – BKKBN berkolaborasi bersama TNI Angkatan Laut gelar Bakti sosial yang berlangsung selama du hari di atas KRI dr. Wahidin Sudirohusodo (WHI) – 991 sebagai rangkaian Sail Teluk Cendrawasih Papua 2023 yang puncaknya berlangsung di Kabupaten Biak Numfor.

Bakti sosial dihadiri oleh Wakil Bupati Biak Numfor Calvin Mansnembra, SE., M.B.A, Komandan Lantamal X Brigjen TNI (Mar) Ludy Prastyono, Deputi Bidang KB dan Kesehatan Reproduksi sekaligus Deputi Bidang ADPIN BKKBN RI Drs. Sukaryo Teguh Santoso, M.Pd, Deputi Kementerian Investasi Nurul Ichwan, dan Direktur Bina Pelayanan Keluarga Berencana Wilayah Khusus BKKBN RI dr. Fajar Firdawati.

Wakil Bupati Biak Numfor, Calvin Masnembra menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam pelayanan bakti sosial kepada masyarakat yang ada di Kabupaten Biak Numfor.

“Terima kasih banyak untuk segala jerih payah yang dilakukan untuk kesehatan yang dilakukan di Biak terutama dalam percepatan penurunan angka Stunting di Kabupaten Biak Numfor. Kami berharap dalam beberapa bulan terakhir ini data Stunting dapat diverifikasi supaya kami mendapatkan angka yang lebih baik,” kata wabup

Deputi ADPIN sekaligus Plt. Deputi KBKR, Drs. Sukaryo Teguh Santoso dalam kesempatannya mengatakan bahwa stunting menjadi trending issue di Negara Indonesia karena 21,6% atau 1 dari 5 balita tergolong stunting.

“Ini menjadi tantangan bersama ditengah upaya pemerintah dalam mewujudkan kualitas Sumber daya manusia. Upaya percepatan penurunan stunting di Indonesia saat ini sudah menunjukkan hasil yang menggembirakan, 2021 prevalensinya 24,4% sudah menurun menjadi 21,6%.  Namun sesuai amanat Pak Presiden, prevalensi stunting di tahun 2024 tidak boleh lebih dari 14%,”terangnya

Dikatakan lagi bahwa, program Keluarga Berencana yang dilakukan kali ini menjadi factor yang strategis dimana ini merupakan salah satu cara mencegah stunting. “Maka program KB menjadi penting sehingga kegiatan ini akan membawa kontribusi dalam upaya penurunan stunting,” imbuhnya

Dilain pihak, Komandan Lantamal X Brigjen TNI (Mar) Ludy Prastyono, dalam sambutannya mengatakan, kegiatan ini juga menjadi implementasi tugas Angkatan Laut dalam melaksanakan bakti TNI Angkatan Laut.

“Pernikahan usia anak adalah salah satu penyumbang angka stunting, maka Panglima TNI telah menginstruksikan kepada seluruh jajaran agar TNI menjadi Bapak Asuh Stunting sehingga diharapkan keterlibatan TNI dapat bersama – sama menurunkan angka stunting di Indonesia,” pungkasnya

Dalam bansos tersebut dilakukan penyerahan bantuan bahan makanan sejumlah 1.000 paket sembako yang secara simbolis kepada masyarakat, penyuluhan Pencegahan Stunting oleh Penyuluh KB, pelayanan KB untuk MOP sebanyak 1 orang, MOW sebanyak 3 orang dan pemasangan implan sebanyak 135 orang, serta Dapur Sehat Atasi Stunting (DASHAT).

Kemudian, pada hari kedua akan dilaksanakan pelayanan kesehatan diantaranya pengobatan umum, pengobatan gigi, operasi katarak, operasi major seperti hernia, khitan, dan operasi bibir sumbing.

Reporter : Vhie

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.