Melihat Riwayat Pelayanan Kian Mudah dengan i-Care JKN di Aplikasi Mobile JKN

0
25

Tnews, Biak – BPJS Kesehatan Kembali menghadirkan sebuah inovasi baru yaitu fitur i-Care JKN (Informasi Pencarian Riwayat Pelayanan Kesehatan) untuk memudahkan peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dalam melihat riwayat kesehatan yang pernah didapatkan. Bukan hanya untuk peserta JKN, fitur ini juga membantu fasilitas kesehatan untuk mengetahui riwayat peserta JKN selama satu tahun terakhir.

“Fitur i-Care JKN yang dapat diakses melalui Aplikasi Mobile JKN ini tentu saja dapat memudahkan berbagai pihak. Para dokter juga akan lebih dipermudah karena dapat mengetahui riwayat pelayanan kesehatan peserta JKN,” ujar Kepala BPJS Kesehatan Cabang Biak Numfor, Indra Bayu.

Bayu menambahkan, fitur i-Care JKN ini juga bertujuan untuk memberikan pelayanan kesehatan yang berkualitas bagi peserta JKN. Adanya kemampuan dokter untuk mengakses riwayat kesehatan peserta diharapkan dapat memberikan dukungan bagi dokter untuk memberikan pelayanan yang semakin cepat dan tepat sesuai indikasi medis yang terekam sebelumnya.

“Tak sekadar berperan sebagai jembatan informasi antara fasilitas kesehatan dan peserta JKN, fitur i-Care JKN juga bisa meningkatkan akurasi diagnosis dan perawatan yang diberikan. Adapun informasi yang dapat diakses melalui i-Care JKN meliputi detail diagnosis, tindakan medis, faskes pemberi layanan, dan tanggal pelayanan,” tambah Bayu.

BPJS Kesehatan juga sangat memperhatikan keamanan dan kerahasiaan data pribadi peserta. Petugas medis tidak diperkenankan mengakses riwayat pelayanan peserta JKN tanpa persetujuan. Sebelum menampilkan riwayat pelayanan, petugas medis akan melakukan konfirmasi secara lisan sebagai persetujuan bahwa peserta mengizinkan akses tersebut oleh petugas medis.

“Sudah seharusnya peserta mendapatkan layanan kesehatan yang menyeluruh, dengan adanya fitur i-Care JKN, semua informasi dapat diakses kapan pun dan dimanapun oleh dokter. Tapi tenang untuk kemanan data, hak akses dan informed consent telah dilakukan verifikasi sebelumnya sesuai ketentuan yang ada, jadi semuanya aman,” terang Bayu.

Pada kesempatan yang berbeda, salah satu peserta JKN, Irna (33) mengaku fitur i-Care JKN telah memberikan kemudahan ketika dirinya menjalani pelayanan kesehatan di salah satu fasilitas kesehatan di Kabupaten Biak Numfor.

“Jadi kemarin saya kurang enak badan dan memutuskan ke puskesmas, saat bertemu dengan dokter saya ingat fitur i-Care JKN. Saya langsung membuka Aplikasi Mobile JKN dan manfaatkan informasi riwayat pelayanan kesehatan saya untuk konsul dengan dokter. Fiturnya sangat membantu, penanganannya jadi lebih cepat dan langsung ditindak dengan tepat,” cerita Irna.

Tidak hanya fitur i-Care JKN, Irna pun menyampaikan kalau Aplikasi Mobile JKN sangat memudahkan dirinya dan keluarga ketika ingin mengakses layanan kesehatan atau bahkan untuk melakukan berbagai keperluan administrasi JKN lainnya.

“Dalam Aplikasi Mobile JKN, terdapat fitur skrining riwayat kesehatan, dan berbagai macam informasi yang bisa diakses dengan hanya menekan/klik saja menu yang ingin kita ketahui seperti, kartu digital, pendaftaran pelayanan kesehatan, info iuran, konsultasi dokter, jadwal tindakan operasi, info riwayat pelayanan, dan informasi ketersediaan tempat tidur. Pokoknya sangat praktis dan semua sangat mudah,” katanya.

Irna berharap, semoga semua inovasi-inovasi yang dihadirkan oleh BPJS Kesehatan saat ini dapat dimanfaatkan dan dirasakan oleh seluruh masyarakat peserta Program JKN.

Reporter : Vhie/RLS

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.