Pasar Murah STC 2023 Pasarkan Produk Pertanian Petani Lokal Biak

0
23
Hasil Pertanian Petani Lokal DIpasarkan Pada saat STC 2023

TNews, Biak – Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Biak Numfor, Immanuel Naap, SP berharap dengan program pasar murah yang diadakan pada saat pelaksanaan Sail Teluk Cendrawasih 2023 lalu mendapatkan perhatian dari Pemerintah dalam program pengembangan produk pertanian dimasa mendatang.

Hal itu disampaikannya saat ditemui media, Immanuel dalam kesempatannya juga mengatakan, dengan adanya hasil produksi pertanian dan peternakan dari petani lokal dapat menstabilkan harga di pasaran.

“Pada pelaksanaan Sail Teluk Cendrawasih 2023 Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan menggelar pasar murah dimana hasil yang dipasarkan merupakan hasil pertanian dan peternakan masyarakat dari Kampung Kajasbo dan beberapa kampung lainnya,”terangnya pada media

Adapun hasil pertanian yang disediakan berupa bawang merah, semangka, kol, cabai, telur dan hasil pertanian lainnya yang diambil dari petani dan peternak ayam petelur binaan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan yang berhasil mengembangkan usaha pertanian dan peternakan ayam petelur.

Dikatakan dengan adanya pameran UMKM pada STC Papua, petani dan peternak lokal Biak dapat meningkatkan produk lokal dan meningkatkan pendapatan ekonomi keluarga sekaligus juga dapat menstabilkan harga pasaran.

Sementara itu, salah seorang pendamping petani dari Yayasan Bina Tani Sejahtera, Oktari mengatakan pihaknya melakukan pendampingan bagi petani dari awal persemaian, perawatan, pemupukan hingga hasil pertanian dipanen, berkolaborasi  dengan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Biak Numfor.

Dalam proses pendampingan yang dilakukan, Octari mengatakan kendala yang dihadapi petani yaitu terkait ketersediaan air dalam proses penanaman. “Kami berharap kedepannya ada bantuan pipa pemasangan air ke lahan petani dari pemerintah,” ungkapnya

Hasil Pertanian Petani Lokal DIpasarkan Pada saat STC 2023

Bomasi Rumanasen salah seorang petani di Kampung merasa bersyukur dengan adanya pendampingan dari Yayasan Bina Tani Sejahtera dan pemerintah, Ia dapat berkebun secara teknologi mulai dari pembukaan lahan sampai pada pemupukan bibit tanaman sehingga hasil pertanian yang didapatkan lebih meningkat.

Bomasi berharap perhatian yang diberikan Yayasan dan pemerintah daerah dapat terus dilakukan bagi para petani lokal sehingga hasil pertanian yang dihasilkan dapat menunjang kehidupan petani dan meningkatkan ekonomi keluarga.

Reporter : Vhie

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.