Presiden Jokowi Hadiri Puncak Pelaksanaan STC Papua 2023 di Biak

0
25
Presiden Jokowi Hadiri Puncak Pelaksanaan STC 2023

TNews, Biak – Presiden RI Ir. Joko Widodo membuka secara resmi Puncak kegiatan Sail Teluk Cendrawasih Papua 2023 yang dilaksanakan di Kabupaten Biak Numfor, yang dihadiri Mendagri, Menteri Investasi, Menteri KKP, Kapolri, Panglima TNI, para Gubernur dan bupati, serta pejabat lainnya, bertempat di Venue Utama STC, Kamis (23/11) lalu

Bupati Biak Numfor Herry Ario Naap, S.Si., M.Pd dalam sambutannya menyampaikan selamat datang kepada Presiden dan seluruh menteri, Kapolri, Panglima TNI dan seluruh undangan yang berkenan hadir pada puncak STC Papua 2023 yang dilaksanakan di empat kabupaten di Provinsi Papua.

Bupati juga dalam kesempatannya juga melaporkan bahwa, penyelenggaraan STC telah dilaksanakan mulai tanggal 3 Februari 2023 lalu yang dilaunching di Sarina Jakarta dan dilaksanakan di empat kabupaten hingga puncaknya dilaksanakan di Kabupaten Biak Numfor.

“Kami menyampaikan terima kasih kepada bapak Presiden, Kementerian terkait secara khusus ketua panitia Bapak Menteri Investasi bersama-sama dengan Pak Luhut yang terus luar biasa memberikan support kepada kami dalam pelaksanaan STC Papua 2023,” ucap Bupati

Bupati Biak Numfor saat Puncak Pelaksanaan STC Papua 2023

Bupati juga melaporkan, wilayah Teluk cendrawasih dan Provinsi Papua dikenal dengan wilayah penangkapan perikanan (WPP) 717 yang memiliki potensi tuna sebesar 1,1 juta ton pertahun. Jika ini dapat diekspor 600 sampai 800 ton pertahun, maka Papua akan menyumbangkan devisa bagi negara sebesar 17,5trilun pertahun.

“Untuk itu kami mohon dukungan Presiden untuk percepatan pembangunan infrastruktur untuk investasi secara khusus. Kami mohon potensi ini diangkat untuk dikembangkan lewat infrastruk yang ada,” ungkap Bupati

“Kami juga berharap ada dukungan bagi pendidikan dan kesehatan dan terus dipercepat bagi kami karena kami punya pulau-pulau jadi pelayanan kesehatan dan pendidikan dari pulau ke pulau mohon dukungan dan kebijakan,”tambahnya

Bupati juga berharap Biak Numfor bisa menjadi hak penerbangan Internasional untuk ekspor perikanan ke luar negeri, menjadi lumbung ikan nasional di wilayah timur Indonesia khususnya di Tanah Papua.

Sementara itu, Presiden RI dalam sambutannya mengatakan, sebagai beranda Indonesia di kawasan Pasifik, Papua memiliki kekayaan alam yang berlimpah dan teluk Cendrawasih merupakan kawasan dengan ekosistem laut yang paling kaya di Indonesia, surganya terumbu karang, dan juga biota laut.

“Diharapkan dengan adanya STC, budaya, tarian, musik, produk-produk Lokal Papua dapat diperkenalkan ke level nasional dan bahkan ke level Internasional, ke level global. Ini akan mendorong jumlah wisatawan, event creator, dan minat investor untuk datang dan memajukan tanah Papua,”ungkap Jokowi

Presiden berpesan agar even ini bisa ditingkatkan kreativitasnya, inovasinya dan juga keterlibatan Masyarakat, UMKM sehingga masyarakat di Papua bisa merasakan manfaatnya dan tindak lanjut setelah event ini berakhir.

Menteri Investasi RI Bahlil Lahadalia yang juga adalah ketua panitia pusat STC Papua 2023, mengatakan, Sail Teluk Cendrawasih ini dilaksanakan dengan tujuan percepatan pembangunan dan pengembangan potensi sumber daya kelautan dan pariwisata Provinsi Papua.

Dikatakan juga bahwa, STC ini akan berlangsung sejak tanggal 21 – 27 November 2023. Dan terdapat tiga fokus utama kegiatan STC yakni hilirisasi laut, Pengembangan potensi daerah dan pengembangan investasi. “Jadi bukan hanya tambang yang hilirisasi, laut pun kita bikin hilirisasi,” terangnya

Dikesempatan ini juga, Bahlil juga memberikan penghargaan Anugerah investasi bahari sebagai inisiatif dari Kementrian Investasi/BKPM, dimana dalam anugerah ini ada beberapa kabupaten/kota terbaik yakni Kota Ambon, Manado, dan Tegal. Di tingkat kabupaten yaitu Kabupaten Kepulauan Yapen, Kabupaten Kotawaringin Timur, dan Kabupaten Cianjur.

Puncak STC diisi dengan berbagai hiburan, diantaranya tarian kolosal 1.200 pelajar, musik bambu, ukulele, fashion show busana daur ulang dari limbah plastik, sailing pass, paramotor.

Ada pula terjun payung, parade perahu, dan juga pertunjukkan lainnya oleh para prajurit TNI/Polri.

Reporter : Vhie

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.