Presiden Jokowi : Sail Teluk Cendrawasih 2023 Makin Menduniakan Papua

0
23
Presiden RI Ir. Joko Widodo saat memberikan sammbutan pada Puncak Sail Teluk Cendrawasih Papua 2023, di Venue Utama STC, Kamis (23/11)

TNews, Biak – Teluk Cendrawasih Papua memiliki ekosistem laut yang paling kaya di Indonesia. Hal ini menjadi potensi yang dapat mendorong Papua makin dikenal dengan kekayaan alamnya oleh dunia internasional.

Hal itu dikatakan Presiden RI Ir. Joko Widodo (Jokowi) saat memberikan sambutan pada puncak Sail Teluk Cendrawasih di Biak Numfor, Papua, Kamis (23/11/2023).

“Teluk Cendrawasih surganya terumbu karang, surganya biota laut dan kita harapkan dengan adanya Sail Teluk Cendrawasih budaya, tarian, musik, produk-produk lokal Papua dapat diperkenalkan ke level nasional dan bahkan ke level internasional, ke level global” kata Jokowi

Dua pertiga wilayah Indonesia adalah lautan dengan berbagai kekayaan bahari yang diakui dunia menjadi beranda di kawasan Pasifik, Papua dikatakan Kepala Negara adalah ujung tombak wajah Indonesia yang memiliki kekayaan alam yang berlimpah dari sektor maritim.

“Saya berharap acara Sail Teluk Cendrawasih dapat memperkenalkan potensi bahari, potensi maritim, potensi pariwisata dan potensi sosial budaya kita” katanya.

Adanya Sail Teluk Cenderawasih, kata Jokowi, juga akan mendorong peningkatan kunjungan wisatawan, event kreator, serta menarik minat investor untuk datang dan memajukan tanah Papua.

“Terakhir saya pesan agar event yang sangat baik ini bisa diteruskan, ditingkatkan kreativitasnya, inovasinya dan juga keterlibatan masyarakat, keterlibatan UMKM kita sehingga masyarakat di Papua bisa merasakan manfaatnya setelah event ini berakhir,” ungkapnya.

Presiden saat membuka acara Sail Teluk Cendrawasih 2023 didampingi oleh Menteri Investasi/Kepala BKPM, Menteri Sekretaris Negara, Menteri Dalam Negeri, Bupati Biak Numfor, Panglima TNI dan Kapolri.

Sementara itu, Menteri Investasi Bahlil Lahadila menambahkan jika kegiatan Sail Teluk Cenderawasih bertujuan untuk percepatan pembangunan potensi alam dan kelautan Provinsi Papua.

“Terdapat tiga fokus utama kegiatan Sail Teluk Cenderawasih, yaitu hilirisasi laut, pengembangan potensi daerah, dan investasi. Utamanya adalah hilirisasi laut. Bukan hanya tambang, laut pun kita bikin hilirisasi,” katanya.

Sail Teluk Cendrawasih 2023 berlangsung sejak 21 November hingga 27 November 2023 di Biak Numfor. Dalam acara tersebut digelar berbagai kegiatan kemaritiman, ekspor perikanan, pameran UMKM, pentaseni budaya, pasar kuliner, hingga hiburan.

Reporter : Vhie/RilisIKPKominfo

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.