Program JKN Bantu Keluarga Nikolas Akses Layanan Kesehatan dengan Mudah.

0
128
Ilustrasi Kartu JKN KIS

TNews, Biak – Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang diselenggarakan oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan (BPJS Kesehatan) hadir memberikan perlindungan jaminan kesehatan bagi seluruh lapisan masyarakat di Indonesia tanpa terkecuali. Sampai saat ini, sudah tidak terhitung banyaknya masyarakat Indonesia yang tertolong akan keberadaan dari Program JKN.

Hal ini sudah dirasakan langsung oleh Nikolas William Rumaropen (36), warga Ambroben, Mnubabo. Nikolas bekerja sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) Pemerintah Daerah Kabupaten Biak Numfor dan terdaftar dalam segmen Pekerja Penerima Upah Penyelenggara Negara (PPU-PN).

“Saya sebelumnya sudah terdaftar sebagai peserta Askes sejak mendapatkan SK pengangkatan sebagai aparatur sipil negara (ASN) tahun 2010. Sejak terdaftar sebagai peserta dari jaman Askes sampai sekarang menjadi BPJS Kesehatan, saya sudah beberapa kali melakukan pengobatan dengan menggunakan program JKN, baik itu di Puskesmas karena saya terdaftar di Puskesmas Biak Kota maupun ketika saya berobat ke Rumah Sakit” ujar Nikolas.

Nikolas menceritakan bahwa saat ini ia dirawat di Rumah Sakit Angkatan Laut (RSAL) dr. R Gandhi AT karena sudah beberapa hari terakhir merasakan sesak di dadanya. Nikolas pun sebelumnya sempat memeriksakan kesehatannya di dokter praktek setempat dan dianjurkan untuk ke Rumah Sakit jika rasa sesak di dadanya tidak kunjung berkurang.

“Sudah beberapa hari ini rasanya sesak dan sakit di dada, karena tidak membaik akhirnya saya dan istri pergi ke IGD RSAL dr. R Gandhi AT untuk mendapatkan pengobatan. Dokter dan perawat disini sangat sigap dan cekatan untuk memeriksa kondisi saya saat itu” kata Nikolas.

Menurutnya, pelayanan yang ia terima sejak datang ke IGD RSAL dr. R Gandhi AT sampai ke kamar rawat inap sudah sangat baik. Ia tidak mendapatkan kendala apapun baik saat mengakses layanan kesehatan maupun hal-hal terkait administrasi.

“Tidak ada kendala selama saya mengakses layanan kesehatan di RSAL dr. R. Gandhi AT. Dokter, perawat dan petugas disini baik dan ramah. Beberapa kali saya melihat di internet bahwa pasien program JKN dari BPJS Kesehatan biasanya diperlakukan berbeda dengan pasien umum. Namun, hal ini tidak saya rasakan di RSAL dr. R Gandhi AT. Disini tidak ada pembeda bagi masyarakat yang berobat menggunakan program JKN maupun yang tidak menggunakan program tersebut. Sampai saat ini pun tidak ada biaya yang kami keluarkan meskipun banyak tindakan yang dilakukan seperti cek darah, rontgen dada dan EKG” jelas Nikolas.

Ternyata tidak hanya Nikolas saja yang pernah merasakan langsung manfaat program JKN, sang istri, Debora Dormina Dimara (32) juga pernah menggunakan program JKN ketika melahirkan kedua anaknya.

“Selain saya, istri saya pun juga terdaftar sebagai peserta JKN. Ketika melahirkan anak pertama pada tahun 2013 maupun anak kedua tahun 2019 kami tidak mengeluarkan biaya sedikitpun padahal keduanya melalui operasi Caesar. Kita semua tahu biaya melahirkan dengan operasi Caesar tidak lah sedikit” tutur Nikolas.

Nikolas dan istri menyampaikan ucapan terima kasih kepada BPJS Kesehatan atas keberadaan program JKN yang sudah memberikan jaminan kesehatan kepada masyarakat Indonesia. Menurutnya, selain dirinya dan keluarga pasti sangat banyak masyarakat lain yang terbantu dengan program JKN untuk mengakses pelayanan kesehatan.

“Terima kasih yang sebesar-besarnya kepada BPJS Kesehatan karena dengan adanya program JKN, masyarakat Indonesia sangat terbantu untuk mendapatkan pelayanan kesehatan tanpa mengkhawatirkan biaya pengobatan. Kita semua tahu bahwa biaya pengobatan di Rumah Sakit tidak sedikit dan jika tidak ditanggung oleh program JKN pasti sangat membebani keluarga. Saya sangat mengapresiasi adanya program JKN dan semoga keberlangsungan program JKN tetap terjaga. Selain itu semoga BPJS Kesehatan selalu berupaya untuk meningkatkan kualitas layanan yang mudah, cepat dan setara.” ucap Nikolas.

Reporter : Vhie

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.