UNICEF Resmikan Jamban Inklusi Bagi Penyandang Disabilitas

0
32
UNICEF Resmikan Jamban Inklusi Bagi Penyandang Disabilitas, di Kampung Manggandisapi, Kamis (7/9)

TNews, Biak -Kepala Dinas Sosial Kabupaten Biak Numfor Ferry Betay mewakili Bupati Biak serahkan bantuan Tiga Jamban Inklusi (GEDSI) Bagi Penyandang Disabilitas Dalam Rangka Menyongsong Deklarasi Stop Buang Air Besar Sembarangan di  Kabupaten Biak Numfor, di Balai Serba Guna Kampung Manggandisapi Distrik Biak Kota, Kamis (7/9)

Bantuan ini merupakan kerjasama UNICEF Perwakilan Papua bersama Yayasan Rumsram Biak dan juga pemerintah daerah melalui dinas kesehatan Kabupaten Biak Numfor.

Ferry betay mewakili Bupati Biak Numfor dalam sambutannya menyampaikan pembangunan jamban bagi disabilitas merupakan bagian dari program Papua Tangguh 2023 kerjasama Pemda Biak dan UNICEF untuk mencapai akses Universal sanitasi dan kebersihan terkelola aman (Tangguh) di Kabupaten Biak Numfor.

Dikatakan juga bahwa, pembangunan jamban inklusi bagi penyandang disabilitas menjadi bagian dari 100% tercapainya Stop Buang Air Besar Sembarangan (SBS) dan akan ditingkatkan menjadi STBM gender Disability Social Inklusif (GEDSI).

“Salah satu tindaklanjutnya adalah dengan telah dibangunnya jamban inklusif bagi penyandang disabilitas,” ungkap Ferry

Dengan adanya penyerahan toilet dan bantuan lainnya, Ferry berharap ini akan menjadi langkah awal untuk terus menyediakan fasilitas penunjang kesehatan lingkungan di wilayah lainnya di Kabupaten Biak Numfor.

“Saya berharap bantuan yang diberikan dapat menunjang aktivitas dan bermanfaat dalam menjalankan aktivitas sehari – hari,” harapnya

Sementara itu, Kepala Perwakilan UNICEF Papua, Aminuddin Mohammad Ramdan, S.I.P,. M.A saat ditemui berharap penyerahan bantuan ini dapat menjadi pemicu bagi kabupaten lainnya untuk menyediakan fasiltas bagi penyandang disabilitas.

“Semoga apa yang kami berikan dapat membantu dan bermanfaat bagi penerima manfaat khususnya para penyandang disabilitas yang ada di kampung Manggandisapi,” ucapnya

Maria K salah satu penyandang disabilitas penerima bantuan mengungkapkan, bantuan yang diberikan UNICEF dan Yayasan Rumsram sangat bermanfaat baginya dalam melakukan aktivitas sehari – hari. “Terima kasih kepada UNICEF, Yayasan Rumsram Biak dan Dinas Kesehatan yang telah memberikan bantuan yang sangat bermanfaat bagi kami,” ucapnya

Penyerahan bantuan dilakukan oleh Kepala Dinas Sosial mewakili Bupati dan juga Pimpinan Unicef Indonesia Jhon, didampingi Kepala Dinas Kesehatan Daud Duwiri, serta kepala UNICEF Perwakilan Papua. Selain itu hadir juga kepala distrik Biak Kota, kepala kelurahan Yenures,dan para kepala kampung.

Reporter : Vhie 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.