2018 Pembangunan Bandara Bakal Terlaksana

0
158
PT Conch Bertahan, Bolsel Terima ‘Bola Muntah’
ilustrasi bandara

TOTABUANEWS, BOLMONG – Pembangunan Bandar Udara (Bandara) di Kabupaten Bolmong bakal terlaksana di tahun 2018 nanti. sebab untuk persyaratan baru selesai dan telah diserahkan ke Pihak Kementrian Perhubungan.

Kepala Dinas (Kadis) Perhubungan Bolmong, melalui Kepala Bidang (Kabid) Zulfadhi Binol, mengatakan pekan ini batas pemasukan untuk berkas RAB dan TOR, ke Kementrian.

“Pembangunan bandara dipastikan terlaksana di tahuan 2018 mendatang. sebab Semua persyaratan sudah dilengkapi, dan hari ini, batas memasukkan RAB dan TOR untuk persyaratan pembangunan bandara ke Kementerian Perhubungan,”ungkapnya, Selasa (25/4/2017).

Untuk pembangunan bandara ini masih banyak Pekerjaan Rumah (PR), yang harus dilakukan Pemkab Bolmong dan terkhusus Instansi terkait.

“Proses pembangunan bandara ini masi ada tiga PR lagi dilakukan ketika fisik sudah jalan. pertama, masih meminta kode navigasi ke Kemenhub. Kedua, penamaan bandara dan ketiga, ini harus disaimbarakan serta di perdakan,” ujarnya.

Dia menuturkan, untuk pembangunan bandara ini juga yang diminta adalah sampel, atau seberapa kekuatan tanah yang menjadi landasan pacu pesawat. Karena, ada tiga tahap pembuatan landasan pacu tersebut.

“Kami juga telah memasukan sampel, untuk pembuatan Runway ada 3 tahap. Tahap pertama, 1.400 M. Tahap kedua, 1.600 M dan tahap ketiga 2.200 M jadi, total panjang landasan pacu ini 5.200 M. Sedangkan untuk pembuatan jalan akses masuk ke bandara juga dalam waktu dekat ini akan dibangun,” jelasnya.

Lebih lanjut, ketika ditanya soal anggaran pembangunan bandara ini dirinya belum bisa memastikan seberapa besar jumlah anggaran untuk pembangunan ini.

“Ini nantinya di anggarkan lewat APBN, untuk besaran anggaran saya belum bisa menjelaskan karena RAB baru di serahkan ke Kemenhub hari ini,” tukasnya.

EBBY M MAKALALAG

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.