Aroma Pungli Pembuatan Profil Desa di Bolmong Berhembus

0
184
Muhammad Syahrudin Mokoagow

TOTABUANEWS, BOLMONG – Aroma pungutan liar (pungli) pembuatan profil sesa di wilayah Kabupaten Bolaang Mongondow berhembus. Rumor beredar, pembuatan profil desa itu diminta uang sebesar 15 juta masing-masing desa.

Hal itu diungkapkan personil komisi I Moh, Syaruhdin Mokoagow. Namun Ia mengatakan ini baru sekedar rumor adanya pembuatan profil desa itu diminta Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa (BPMD) Bolmong.”Ini baru sekedar rumor mewajibkan tiap desa untuk pembuatan profil desa itu harus ada anggaraan sebesar 15 juta, jika ini benar maka DPRD akan memanggil instansi terkait untuk mengklarfikasi ini,” tegas Mokoagow, Selasa (5/4) kemarin.

Dijelaskan Mokoagow bahwa pembuatan profil desa itu sudah dianggarkan lewat Anggaran Pendapatan Belanja Desa (APBdes). “Menggarkan dengan melibatkan pihak ketiga, jika adanya pemungutan sebesar 15 juta maka ini akan menjadi masalah besar jika 15 juta perdesa dikalikan 200 desa maka itu sangat besar DPRD akan menolak itu,” tukasnya.

Lanjutnya, seharusnya tiap desa tidak perlu lagi membuat profil desa mengingat semua desa sudah memiliki profil desa. “Mestinya itu anggaran 15 jita itu anggarkan pelatihan simda pengelolaan Dana Desa (Dandes), sebab semua desa sudah ada profil desa,” tutupnya.

 

 

Gian Limbanadi

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.