Dandes Bolmong 2017 Tembus 152 Miliar

0
79
dana desa

TOTABUANEWS, BOLMONG – Anggaran Dana Desa (Dandes) di Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) tembus 152 Miliar ditahun 2017 ini.

Hal tersebut diungkapkan Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Bolmong Ashari Sugeha. Menurutnya, untuk anggaran Dandes tahun ini di Kabupaten Bolmong mengalami kenaikan. “Anggaran Dandes yang tahun 2016 sebelumnya hanya 119 M, kini naik hingga 152 M untuk tahun 2017,” ungkap Ashari, Selasa (6/2/2017)

Anggaran Dandes tersebut kata Ashari akan akan segera disalurkan. “Untuk saat ini kan masih ada perbaikan. Yang pasti secepatnya anggaran ini akan disalurkan,” jelasnya.

Menurutnya  untuk anggaran 152 M tersebut harus diberdayakan baik-baik oleh setiap kepala desa yang ada di Bolmong. Apalagi di Bolmong memiliki 200 desa, jadi ada 200 kepala desa yang nantinya akan mengelola Dandes untuk juga pembangunan Bolmong nanti. “119 M saja bisa membangun, apalagi 152 M, kalau dipergunakan baik-baik pasti bisa membangun desa,” tuturnya.

Dirinya mengimbau kepada seluruh sangadi, agar dalam pelaksanaan manjemen keuangan dilaksanakan sesuai Peraturan Mentri Desa, Peraturan Mentri Dalam Negeri, dan Peraturan Mentri Keuangan.

“Kalau kedapatan itu sudah kelalayan sendiri, sudah kurang lebih dua tahun belajar bagaimana cara mangelola Dandes, apa lagi sudah ada pendamping desa. Sebaiknya, kalaupun ada masalah silakan membuka diri dengan intasnsi terkait untuk meluruskan, supaya tidak salah, karena aturannya ada,” tandasnya.

Sementara itu, Bendahara Dinas Pendapatan PengelolaanKeuangan Aset Daerah (DPPKAD) Bolmong Pratiwi Sumanta  mengatakan, realisasi Dandes tahun 2016 sudah berjalan semua. “Hingga, tahap akhir semua desa sudah mencairkan Dandes, jadi 2016 semua selesai,” tutupnya.

Tim Totabuanews

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.