Dewan Bolmong Minta Bupati Lakukan Rolling dan Pemerataan Guru

0
155
Foto ilustrasi

TOTABUANEWS, BOLMONG – Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bolaang Mongondow (Bolmong) mendesak kepada Bupati Bolmong Salihi B Mokodongan untuk segera melakukan roling. Ini dikarenakan temuan-temuan dilapangan terkait jabatan Kepala Sekolah (Kepsek) yang mengabdi puluhan tahun.

Ketua Komisi III DPRD Bolmong Masri Daeng Masenge mengatakan dari hasil temuan saat komisi III melakukan sidak disejumlah sekolah menemukan jabatan Kepsek yang sudah diemban selamanya. “Bupati secepatnya melakukan roling hampir semua sekolah jabatan kepsek sudah puluhan tahun dan tidak pernah dirombak, ini jelas-jelas bertentangan dengan perudang-undagan Sisdiknas,” tegas Masenge, Senin (8/2) lewat pesan singkat SMS.

Dirinya juga mejelaskan ini sangat penting dilakukan roling sebab untuk pemerataan. “Karna ini berkaitan dgn peningkatan sistem belajar mengajar, serta peningkatan mutu pendidikan dari anak didik yang di bolmong sebagai tongkat estafet kedepan. Begitu juga dgn guru segera juga dilakukan pemerataan karna berdasarkan Cek on the spot kami bahwa banyak guru yang juga menumpuk diwilayah tertentu,” jelasnya.

Bukan hanya keberadaa kepsek yang menjabat puluhan tahun hasil temuan komisi III akan tetapi ada 1 sekolah yang sudah seperi sekolah keluarga. “Temuan itu didapati di Desa Selimandungan II berupa sekolah dasar mulai dari kepsek dan guru itu satu keluarga ibu, anak, anak mantu dan bahkan juga ada sekolah yang 1 guru PNS selebihnya tenaga honorer,” beber Masenge.

 Gian Limbanadi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.