Diduga Ada Pungli di Kantor Kecamatan Passi Timur

0
223

TOTABUANEWS, BOLMONG – Sejumlah sangadi di wilayah Kecamatan Passi Timur, mengeluhkan biaya kebijakan yang seakan dipaksakan pihak Kecamatan, dimana para sangadi diminta sejumlah Rp.1 juta oleh Kepala Seksi (Kasie) PMD.untuk pelaksanaan acara serah terima acara camat lama ke camat baru.

Salah satu sangadi yang enggan dipublikasikan namanya, membenarkan hal itu. Dimana setiap sangadi dimintai uang sebesar Rp.1 juta untuk kegiatan serah terima jabatan.

“Iya kami dimintai uang sebesar Rp.1 juta untuk acara serah terima jabatan, dan ini dilakukan baru kali ini sebelumnya tidak ada pemberian uang seperti ini,” ungkap sangadi, Senin (19/2/2018).

Ditambahkannya, selain itu juga saat kegiatan pelantikan TP-PKK Kecamatan Passi Timur, kembali pihak kecamatan melalui Kasi PMD meminta uang sejumlah Rp.500 ribu.

“Sudah dua kali kegiatan kecamatan kami para sangadi harus memberikan uang,” bebernya.

Terpisah Camat Passi Timur, Djemi Moonik saat dikonfirmasi melalui via telepon genggam, membenarkan hal tersebut, dijelaskannya bahwa pemberian sejumlah uang untuk kegiatan kecamatan adalah kebijakan dari para sangadi.

“Itu adalah kepedulian dari para sangadi, untuk acara serah terima jabatan dan sudah kebijakan mereka bukan paksaan,” kilahnya.

Ditambahkannya juga, terkait pelantikan TP-PKK Kecamatan Passi Timur, bahwa dirinya telah mengingatkan ke staf jangan ada permintaan uang didalam kegiatan, tapi katanya itu partisipasi saja.

“Pelantikan TP-PKK itu kan kehadiran para pengurus di desa dan acara juga pastinya makan-makan, maka itu adalah partisipasi mereka,” tambahnya.

Lanjutnya, untuk anggaran TP-PKK dari kecamatan tidak ada, yang ada itu kata Moonik adanya anggaran dari Desa.

“Pos anggarannya di desa, kecamatan tidak ada itu, untuk kegiatan yang ada itu mereka yang menawarkan bukannya dari kecamatan dan itu kebijakan bukan paksaan dari kami,” kilahnya lagi.

Diketahui jumlah uang yang terkumpul dalam acara serah terima jabatan camat itu, berjumlah Rp13 juta untuk digunakan dalam kegiatan dan pemberian souvenir kecil ke camat lama.

Peliput: Ebby Makalalag

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.