Dikducapil Bolmong Kejar Target di Akhir Tahun

0
41
Keterbatasan Jaringan Hambat Pendataan Penduduk
Iswan Gonibala

TOTABUANEWS, BOLMONG – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dikdukcapil) Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong), terus mengenjot pendataan Akte Kelahiran.

Kepala Dikdukcapil Bolmong, Iswan Gonibala mengatakan, pihaknya dalam mengejar target di penghujung akhir tahun melakukan pendataan akte kelahiran dan juga pendaftaran penduduk.

“Kami sedang melakukan pendataan untuk mengejar target akte kelahiran, serta pendaftaran penduduk di setiap desa,” ujar Gonibala pada, Selasa (12/12/2017).

Dikdukcapil targetkan tanggal 20 sudah rampung pendataan penduduk di bolmong.

“Demi mengejar target ini, hari minggu pun tim tetap kerja dengan turun ke desa-desa. Ada dua tim yang kami tugaskan. Satu tim sekitar dua sampai tiga orang,” tambahnya.

Pihak Pemerintah Desa juga bisa datang langsung mengurus di kantor Disdukcapil.

“Pemerintah desa juga bisa datang dikantor. Tapi, dalam rangka percepatan, kami harus jemput bola,”ungkapnya.

Menanggapi kendala yang ditemui saat di lapangan, dirinya mengatakan bahwa hanya luas wilayah dan keaktifan masyarakat yang menjadi kendala tim saat melakukan kunjungan kerumah-rumah warga.

“Kendalanya, yakni setiap kali dikunjungi tidak berada di tempat, karena masyarakat banyak yang berprofesi petani. Masyarakat sebenarnya harus sadar, karena ini sangat berguna untuk masyarakat itu sendiri dalam pengurusan berkas lainnya. Kalau untuk blangko akte kelahiran dan KTP di dinas sangat mencukupi,” tukasnya.

Sementara itu, salah satu warga yang ditemui mengapresiasi tindakan pihak Disdukcapil tersebut.

” Program ini sangat bagus, apalagi pemerintah langsung melakukan kunjungan kerumah-rumah warga,”ujar Dion W, warga salah satu desa di Kecamatan Lolak.

Peliput: Ebby Makalalag

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.