Dikukuhkan sebagai Ketua Pembina Posyandu, Iryanti Uswanas : Sinergitas Antar Lembaga Semakin Kuat

0
30
Gambar : Dikukuhkan sebagai Ketua Pembina Posyandu, Iryanti Uswanas : Sinergitas Antar Lembaga Semakin Kuat, (22/11/2023).

TNews, BOLMONG – Iryanti Suleha Mokodompit Uswanas SSos, selaku Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) dikukuhkan sebagai ketua pembina Posyandu.

Pengukuhan tersebut dilakukan saat Ketua TP PKK Bolmong menghadiri kegiatan rapat koordinasi PKK Sulut, bertempat di Hotel Sentra Manado, Rabu 22 November 2023.

Melalui kesempatan itu, Iryanti mengatakan sangat bersyukur karena TP-PKK Bolmong dapat menyampaikan sebagian laporan kegiatan mereka di Bolmong selama tahun 2023.

“Syukurlah sebagian laporan kegiatan TP-PKK Bolmong di tahun 2023 sudah Saya sampaikan di forum Rakor yang terdiri dari kegiatan sekretariat dan seluruh kegiatan Pokja. Walaupun masih ada juga kegiatan di November dan Desember nanti yang sedang dalam proses pelaksanaan,” ucapnya.

Adapun Rakor yang digelar setahun sekali ini lanjut Iryanti, membahas terkait pelaporan kegiatan PKK selama setahun dan apa yang sudah dilakukan PKK Bolmong serta progres program kegiatan kedepan untuk tahun 2024 mendatang.

“Tujuan rakor ini juga bisa mendapat masukan dari kabupaten/kota lain, terutama bisa saling berbagi semua program yang berhasil dicanangkan di masing–masing daerah,” bebernya.

Usai dilantik sebagai ketua Pembina Posyandu Bolmong, Iryanti menyampaikan bahwa tugas sebagai pembina posyandu tidak akan menambah beban kerja bagi PKK.

“Dengan dikukuhkannya sebagai Ketua Pembina Posyandu, justru sinergitas antar lembaga semakin kuat. Hal penting yang perlu dilakukan untuk memperkuat Posyandu, pertama penguatan koordinasi antarlembaga. Kedua peningkatan kapasitas Posyandu, terutama kelembagaan dan kader. Ketiga, peningkatan kualitas layanan dengan mengintegrasikan layanan Posyandu-BKB (Bina Keluarga Balita)-PAUD,” bebernya.

Di sisi lain, Iryanti juga mengaku, bahwa TP PKK Bolmong juga siap mendukung pekerjaan rumah yang diberikan kepada PKK. Antara lain, penurunan stunting dengan target menjadi 14 persen pada 2024, pencegahan narkoba melalui keluarga, serta literasi digital untuk mencegah dampak negatif dan keluarga.

Di tempat yang sama, ketua TP PKK Provinsi Sulut Rita Maya Dondokambey-Tamuntuan mengatakan, pengukuhan itu untuk menyelaraskan program dan kegiatan Posyandu, dan untuk menjaga masyarakat tetap terjaga kesehatannya.

Sekadar diketahui, Rakor tersebut dibuka langsung oleh Gubernur Sulut Olly Dondokambey. Turut hadir pada kesempatan itu, kepala Dinas PMD Sulut Darwin Muksin, sekretaris TP-PKK Sulut dr Kartika Kandow-Tanos, dan pengurus TP-PKK Kabupaten Kota se-Sulut.*

Reporter : Gian Gumogar

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.