DLH Bolmong Hitung Kembali Volume Sampah di Setiap Wilayah

0
50
Tumpukan Sampah di Jalan Motongkat-Dodap, Ini Kata Kepala BLH Boltim

TOTABUANEWS, BOLMONG – Setiap orang di Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) setiap harinya membuang sampah dengan volume sebanyak 110Kg, dari volume tersebut Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolmong baru menangani volume sebanyak 10.26Kg satu orang perharinya.

“Untuk perhitungan hingga dapat 110.03 kg/orang/hari, didapat dari 275 ribu jumlah penduduk bolmong, timbunan sampah kota besar di bagi 1.000,” kata Kepala Bidang (Kabid) Pengendalian Pencemaran Kerusakaan Lingkungan Hidup, Pengeloaan Sampah, Limbah Bahan Beracun dan Berbahaya (LB3) Deysi Makalalag, Jumat (23/2/2018).

Menurutnya dengan, perhitungan volume produksi sampah di bolmong ada kekeliruan, total produksi sampah tersebut dihitung dalam kategori kota sedang. Sedangkan di Bolmong masuk dalam kategori kota besar. Karena memiliki jumlah penduduk 275.066 ribu jiwa.

“Sebab menurut Permen PU, kalau jumlah penduduk 100 -500 ribu masuk kategori kota besar. Kalau 10-100 ribu masuk dalam kategori kota sedang. Artinya volume produksi sampah di Bolmong lebih dari 110 kg/orang/hari. Itu yang total produksi sampah di sini,” bebernya.

Dijelaskannya, yang baru ditangani dimulai dari tahun 2015 sampai 2017 sebanyak 10.26 kg/orang/hari, dari 110 kg/orang/hari. Memang masih sangat sedikit yang baru ditangani oleh pemerintah.

“Data produksi sampah itu, sudah masuk. Saya nanti lihat, setelah semuanya sudah dimasukan. Ternyata ada kekeliruan. Tapi saya akan berusaha merubahnya kembali, sesuai dengan perhitungan. Karena daerah Bolmong masuk dalam kategori kota besar,” sesalnya.

Peliput: Ebby Makalalag

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.