Enam Kecamatan se-Dumoga Bersatu Terima Bantuan Sembako Tahap Dua

0
85

TNews, BOLMONG — Perhatian Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow (Bolmong) terhadap masyarakat terdampak Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) terus dilakukan. Buktinya, Kamis (04/06/2020), Bupati Yasti Soepredjo Mokoagow, bersama Wakil Bupati Yanny Ronny Tuuk resmi menyalurkan bantuan Sembilan bahan pokok (Sembako) tahap dua secara simbolis se-Kecamatan Dumoga Bersatu.

Selain bantuan bapok, bupati juga menyerahkan masker dan diserahkan ke masing-masing kepala puskesmas. Penyerahan bantuan tersebut bertempat di masing-masing kantor camat, yang turut dihadiri Ketua DPRD Bolmong Welty Komaling, Anggota DPRD Hi. Ramono, Kapolres Bolmong AKBP Indra Pramana, para Asisten, para kepala OPD serta camat dan kepala desa (Sangadi).

Seperti di Kecamatan Dumoga Timur, secara simbolis bupati dan wakil bupati menyerahkan bantuan kepada perwakilan warga penerima atau kepala keluarga (KK). Setiap kepala keluarga menerima 36 kilogram beras premium, 4 kilogram gula pasir, 8 buah ikan kaleng dan 2 liter minyak goreng. Penyaluran bantuan ini sudah merupakan tahap kedua sejak April disalurkan.

Bupati mengatakan, bahwa berbeda dengan daerah lain yang baru menetapkan tiga bulan, namun untuk Kabupaten Bolmong sendiri penyaluran bantuan bahan pokok sudah ditetapkan hingga sembilan bulan ke depan atau hingga Desember mendatang. “Melalui refocusing anggaran, Bolmong sudah menetapkan hingga sembilan bulan untuk penyaluran bantuan,” ungkap bupati.

Kebijakan politik anggaran yang diambil ini, sebagai langkah pemkab untuk membantu warga terdampak akibat covid-19. Sebab, selain warga yang menerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) bersumber dari Dana Desa (Dandes), juga telah terdata sebagai penerima bantuan sosial tunai (BST) yang bersumber dari Kementrian Sosial.

Untuk itu, bupati berharap, bantuan yang disalurkan ini bisa membantu warga yang terdampak. Selain itu, bupati mengimbau agar tetap mengikuti anjuran pemerintah dengan terus memperhatikan protokoler kesehatan seperti rajin cuci tangan, jaga jarak, menggunakan masker dan menjaga lingkungan agar tetap bersih. “Semoga dengan adanya bantuan ini, masyarakat tetap sehat dan tidak ada yang sakit,” ucap bupati.

Kadis Ketahanan Pangan (DKP) Bolmong I Nyoman Sukra menambahkan, bahwa jumlah penerima bantuan di Kecamatan Dumoga Timur sebanyak 689 Kepala Keluarga. Masing-masing penerima mendapat bantuan 36 kilo gram beras premium dan ada juga bantuan dari dinas sosial 4 kilogram gula pasir, 8 buah ikan kaleng dan 2 liter minyak goreng. “Ini sudah tahap kedua, mudah-mudahan dengan adanya bantuan dari pemerintah ini dapat meringankan beban warga yang terdampak akibat pandemi covid-19,” pungkas Sukra.

Imran Asiaw

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.