Kader PMMD Kopandakan II Gelar Pelatihan Kepemimpinan dan Kepeloporan

0
116
Kader PMMD Kopandakan II Gelar Pelatihan Kepemimpinan dan Kepeloporan
TOTABUANEWS, BOLMONG – Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora RI), melalui Kader Pemuda Mandiri Membangun Desa (PMMD), Desa Kopandakan II, Kecamatan Lolayan, Kabupaten Bolaang Mongondow, Hutnan Ambaru menggelar pelatihan kepemimpinan dan kepeloporan pemuda. Kegiatan yang digelar di Balai Desa Kopandakan II, Minggu (17/12/2017) ini melibatkan sekira 30 pemuda desa setempat.
Kader PMMD Kopandakan II, Hutnan Ambaru mengungkapkan, pelatihan tersebut merupakan bagian program Kemenpora RI. Menurut Hutnan, pemuda saat ini menjadi subjek untuk membantu kemajuan desa. Untuk itu, kata dia, melalui PMMD ada beberapa program yang dilakukan seperti, pelatihan kerelawanan, giat olahraga, peningkatan kapasitas pemuda.
“Juga pelatihan kepemimpinan dan kepeloporan pemuda, muatan Lokal, serta yang tidak kalah pentingnya adalah membantu kegiatan desa,” kata Hutnan.
Dalam kegiatan tersebut, PMMD Kopandakan II menghadirkan dua narasumber. Adalah Rudi Satria Mandala Bonuot dan Hamri Mokoagow.
Dalam kesempatan tersebut, Rudi Satria memberikan motivasi serta memaparkan peran penting pemuda dalam membangun bangsa ini dari tingkatan desa.
Dia menilai, maraknya pengaruh budaya negatif saat ini, banyak pemuda-pemudi bangsa yang mengalami kemerosotan moral, dan jiwa kepeloporan karna kurangya kaderisasi-kaderisasi kepemudaan atau pendidikan karakter.
“Pemuda saat ini harus bangkit dan maju. Jangan takut, karena pemuda memiliki peran penting dan strategis dalam membangun bangsa khususnya dari tingkatan desa,” ucap Sas sapaan akrab Rudi Satria.
Senada dikatakan, Hamri Mokoagow. Menurut dia, pemuda harus kreatif, inovatif dan percaya diri sendiri. Hamri mengajak seluruh elemen pemuda untuk jangan malu menjadi diri sendiri. “Harus berani tampil. Buktikan bahwa tanpa peran pemuda, bangsa ini tidak bisa maju dan berkembang,” tukasnya.
Sementara itu, Sangadi (Kepala Desa) Kopandakan II, Marwan Hendro Palakum, mengapresiasi kegiatan tersebut. Dia mengaku sangat bersyukur atas pelaksanaan pelatihan kepemimpinan dan kepeloporan pemuda di Desa Kopandakan II. “Ini positif sehingga saya berharap kegiatan ini bisa berdampak yang baik untuk pemuda dan pemudi dalam desa. Selaku pemerintah saya berharap kegiatan ini bisa mencetak kader-kader terbaik di dalam desa, sebagai cikal bakal pemimpin masa depan,” tutur Marwan. Sekadar informasi, dalam kegiatan tersebut, PMMD Kopandakan II menggandeng Pemuda Ansor Kecamatan Lolayan dan Satria Center. Di desa Kopandakan II, sebelumnya juga sukses menggelar kegiatan turnamen sepak bola futsal putra antar club yang juga dipelopori PMMD Kopandakan II.
Peliput: Ebby Makalalag

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.