Pemkab Bolmong Peringati Hari Pahlawan Hingga Upacara Pelarungan

0
49

TOTABUAN.NEWS, BOLMONG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow (Bolmong), bersama Forum Kordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) menggelar upacara peringatan Hari Pahlawan, Senin (12/11/2018) bertempat di Desa Labuan Uki Kecamatan Lolak. Prosesi upacara tersebut juga dirangkaikan tabur bunga, pengibaran bendara merah putih dan sekaligus mengheningkan cipta.

Bupati Bolmong, Dra Hj Yasti Soepredjo Mokoagow yang diwakilkan Sekretaris Daerah (Sekda), Tahlis Gallang saat membacakan sambutan Menteri Sosial (Mensos), mengatakan. Setiap tahun pada tanggal 10 November, bangsa Indonesia memperingati hari pahlawan untuk mengenang pertempuran di Surabaya 73 tahun silam yang merupakan perang fisik pertama setelah bangsa Indonesia menyatakan kemerdekaannya. “Prosesi peringatan Hari Pahlawan khususnya Upacara

Pengibaran bendera Merah Putih serta Mengheningkan Cipta, secara serentak selama 60 Detik seperti yang saat ini kita lakukan, juga dilaksanakan di seluruh pelosok tanah air, bahkan di perwakilan negara republik Indonesia di luar negeri. Seluruh rangkaian kegiatan peringatan Hari Pahlawan tersebut bertujuan untuk memperkuat nilai-nilai kepahlawanan, mempertebal rasa cinta tanah air dan meneguhkan semangat pengabdian bagi bangsa dan negara di hati sanubari bangsa Indonesia,” ujar Sekda Bolmong saat membacakan sambutan Mensos.

Lanjutnya, peringatan Hari Pahlawan bukan semata sebuah acara, namun harus sarat makna, bukan hanya sebagai prosesi namun subfansi setiap peringatan Hari Pahlawan harus dapat menggali dan memunculkan semangat baru dalam implementasi nilai-nilai. “Kepahlawanan dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini penting karena menguat bahkan dapat melemah. Untuk itu, kiranya seluruh rangkaian kegiatan peringatan Hari pahlawan harus menjadi energi dan semangat baru mewarisi nilai kejuangan dan patriotisme dalam membangun bangsa Indonesia,” katanya.

Dalam suasana tersebut Sekda Bolmong juga menambahkan, peringatan hari pahlawan, menjadi momentum bagi bangsa lndonesia untuk melakukan introspeksi diri. sampai seberapa jauh setiap komponen bangsa dapat mewarisi nilai-nirai kepahlawanan. “Melanjutkan perjuangan, mengisi kemerdekaan demi mencapai Negara Kesatuan Republik Indonesia yang sejahtera, adil dan makmur,” tukasnya.

Setelah Upacara Hari Pahlawan Tahun 2018 selesai dilaksanakan, Sekda Bolmong dan seluruh Jajaran Pemkab Bolmong bersama-sama dengan Forkopimda Bolmong dan Batalyon Armed 19/105 tarik Bogani melaksanakan Upacara Pelarungan (Tabur Bunga) di Pelabuhan Labuhan Uki Lolak.

 

Feybi Makalalag

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.