Pemkab Bolmong Targetkan 250 Anak Disunat

0
44
Pemkab Bolmong Targetkan 250 Anak Disunat

TOTABUANEWS, BOLMONG – Dinas Kesehatan (Dinkes) Bolmong, melaksanakan kegiatan Khitanan Masal di Puskesmas Lolak, Jumat (14/7/2017).

Plt Kepala Dinas Julin Papuling mengatakan, program kegiatan ini dilaksanakan dari sisi kesehatan maupun Agama.

“Kegiatan ini dilaksanakan demi program kesehatan masyarakat. Dan juga dari sisi Agama Islam, khitanan diwajibkan, kemudian kami terus mengontrol setiap anak yang disunat. Juga memberikan sarung dan peci,” ungkapnya.

Lanjut Julin, program ini juga dilakukan agar dapat membantu dan mempermudah biaya Khitan masyarakat. “Kalau khitan dilakukan pribadi, ini bisa memakan biaya kurang lebih Rp 600.000. Jadi ini lebih mempermudah masyarakat, dengan terbantunya secara masal ini,” katanya.

Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Pelayanan Kesehatan Santima Thomas menjelaskan, dalam khitan hari ini, sudah dilaksanakan sebanyak 106 anak.

“Yang sudah kami khitan 106 anak. Sisa 38 lagi, dan sampai malam nanti kami target 38 anak ini harus di khitan semua. Sebab, target kami 250 anak untuk Bolmong, kalaupun lebih dari kuota ini, maka tetap kami layanu. Dan besok juga kami akan melakukan khitan di Kecamatan Dumoga bersatu,” jelasnya.

Terpisah, salah satu orang tua anak yang di khitan, Burhan Dundo mengatakan, pihaknya sangat bersyukur dan berterima kasih atas program yang dilaksanakan pemkab melalui Dinkes ini. “Sangat terbantu dan mendukung kegiatan khitanan masal yang dilaksanakan dinkes ini, memang sangat membantu. Karena, bila mengunakan dokter pribadi biayanya tidak kurang dari Rp 600.000,” tukasnya.

Sembari disyukuri Jahida Konta yang juga membawa anaknya untuk di khitan. “Saya sangat bersyukur dengan program ini,” tutupnya.

Peliput: Ebby Makalalag

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.