Pemkab dan Dewan Bolmong Dukung TMMD 2017

0
49
Pemkab dan Dewan Bolmong Dukung TMMD 2017

TOTABUANEWS, BOLMONG – Dengan tekat ingin membangun desa, TNI mengadakan Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis) Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-98 dengan tahun anggaran 2017, rapat tersebut diselenggarakan di Auditorium Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan (PUPR), Kamis (9/3/2017).

Rakornis TMMD tersebut dibuka langsung, oleh Menteri PUPR Basuki Hadimuliono dan kepala staf angkatan darat jendral TNI Mulyono. “TMMD mulai tahun ini akan dilaksanakan ketiga kalinya dalam kurung satu tahun, dua kali setahun dan sebelumnya 21 hari sekarang 30 hari,” ujar Mulyono.

Dijelasakanya, waktu TMMD ini,bertolak dari besarnya keinginan desa untuk meningkatkan pembangunan di daerahnya. “Dengan pelaksanaan TMMD 3 kali dalam setahun, diharapkan desa yang membutuhkan sarana dan prasarana bisa dipenuhi. Sasaran fisik dan non-fisik juga dilakukan supaya memberikan manfaat memberikan dorongan masyarakat semangat gotong royong membantu kesulitan masyarakat, terutama di desa terpencil pinggiran terluar dan untuk mendukung nawacita,” kata Mulyono.

Rakornis TMMD ke-98 mengusung tema “Dengan Semangat Kemanunggalan, Kita Tingkatkan Sinergitas Lintas Komponen Bangsa Dalam Rangka Membangun Daerah dan Desa untuk Mewujudkan Indonesia yang Berdaulat, Mandiri dan Berkepribadian Berlandaskan Gotong Royong dalam Kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia”

TMMD merupakan program terpadu lintas sektor antara TNI dengan Kementerian atau Lembaga baik pemerintah maupun non-pemerintah yang dilaksanakan bersama masyarakat. “Tujuannya untuk meningkatkan akselerasi pembangunan pedesaan khususnya di daerah tertinggal, terisolasi, perbatasan, daerah kumuh perkotaan, serta daerah rawan atau terdampak bencana,” tambah Mulyono.

Selain dengan Kementerian  PUPR, program TMMD juga dikerjasamakan dengan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi dan Kabupaten/Kota, Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (BPMPD) Provinsi serta Pemerintah Daerah/Pemerintah Kabupaten/Kota.

Sementara itu Penjabat Bupati Bolmong, Adrianus Nixon watung Mengatakan Pemerintah Daerah siap mendukung program TMMD dengan terus bersinergi dengan instansi Teknis terutama jajaran TNI. “Sehingga program-program pemerintah pusat bisa berjalan optimal sampai di masyarakat umum dalam peningkatan kesejahteraan, rakyat terutama pada sektor pembagunan infrastruktur pedesaan dan kesehatan,” ujar Watung.

Turut Hadir dalam Kesempatan Tersbut Ketua DPRD Bolmong, Welty Komaling, Dandim 1303 Bolmong Letkol Inf. Sampang Sihotang.

Feybi Makalalag

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.