Peringati Hardiknas, Wabup Bolmong Ingatkan Profesional Pendidik

0
43
Wabup Bolmong Menjadi Irup dan Membacakan Sambutan Mendikbud Peringati Hardiknas

TOTABUANEWS, BOLMONG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow (Bolmong), memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun 2018, Rabu (2/5/2018) keamrin, di halaman kantor bupati.

Wakil Bupati (Wabup) Bolmong Yanny R Tuuk, bertindak menjadi Inspektur Upacara (Irup), mewakili Bupati Yasti Soepardjo Mokoagow. Dalam sambutanya dia mengatakan, peringatan Hardiknas itu dengan tema ‘Menguatkan Pendidikan, Memajukan Kebudayaan.

Sambutan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Muhadjir Effendy dibacakan Wabup tersebut, meminta seluruh insan pendidik untuk merenungkan kembali korelasi antara pendidikan dan kebudayaan sebagaimana tercermin dalam ajaran, pemikiran, dan praktik pendidikan yang dilakukan oleh Ki Hadjar Dewantara.

“Momentum ini hendak kita jadikan pendorong untuk melakukan muhasabah, mesu budi, atau refleksi terhadap usaha-usaha yang telah kita perjuangkan di bidang pendidikan untuk membuat proyeksi tentang pendidikan nasional yang kita cita-citakan,” ungkap Wabup.

Perlunya merenung sejenak untuk menengok kebelakang, melihat apa yang telah kita kerjakan di bidang pendidikan untuk kemudian bergegas melangkah ke depan, guna menggapai cita-cita masa depan pendidikan nasional yang didambakan sebagaimana tertulis dalam Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional Tahun 2003, BAB I, Pasal 1 ayat 2 dan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2017 tentang Pemajuan Kebudayaan akan mempertegas posisi kebudayaan nasional sebagai roh pemberi hidup, dan penyangga bangunan pendidikan nasional kita.

“Kondisi ideal pendidikan dan kebudayaan nasional yang kita cita-citakan kita sadari bahwa masih jauh dari jangkauan. Namun, kita terus berusaha keras memperluas akses pendidikan yang berkualitas, terus-menerus mengalibrasi praktik pendidikan agar memiliki presisi atau ketelitian yang tinggi, sesuai dengan tuntutan masyarakat, lapangan pekerjaan, dan kebutuhan pembangunan,” tambahnya.

Melalui peningkatan kapasitas, dan profesionalisme guru, kurikulum yang hidup dan dinamis, sarana dan prasarana yang andal, serta teknologi pembelajaran yang mutakhir, dirinya meyakini menjadi keniscayaan pendidikan kita kedepan.

“Pendidikan harus menjadi urusan semua pihak serta bergandeng tangan, bahu-membahu, bersinergi memikul tanggung jawab bersama dalam menguatkan pendidikan. Kita optimistis bahwa Indonesia memiliki semua hal yang dibutuhkan untuk menjadi bangsa besar dan maju, asal kita bersatu padu mewujudkannya,” jelasnya.

Dirinya juga meminta kepada semua pihak untuk terus ikhlas dan tulus berkontribusi tak kenal henti bagi usaha menguatkan pendidikan serta memajukan kebudayaan Indonesia.

“Kiranya, kita semua dapat menyaksikan bersama dimana Indonesia sebagai bangsa adidaya budaya dengan pendidikan yang kuat dan berkwalitas,” katanya mengakhiri.

Wabup Bolmong dalam kegiatan peringatan Hardiknas tersebut, menyerahkan Piagam Penghargaan bagi Guru Berprestasi untuk Guru TK, SD dan SMP di Kabupaten Bolmong untuk Tahun 2018 usai memberikan sambutan. Masing-masing peringkat pertama Ulliane Dataranan TK Pangi Kecamatan Sangtombolang, peringkat kedua Saniara Makalungsenge TK Melati Imandi, dan peringkat ketiga Julke Tumalen TK Easter Manembo. Sementara, tingkat SD,

Peringkat pertama Alwi Managin SD Negeri 1 Bulud, peringkat kedua Nur Alamsyah Mamonto SD Negeri 1 Lobong, peringkat ketiga Siti Hamit SD Negeri 1 Mongkoinit. Serta, tingkat SMP peringkat pertama Inyoman Puja Astawa SMP Negeri 1 Dumoga,

Peringkat kedua Desmin Tarip SMP Negeri 2 Poigar, peringkat ketiga Viane Umboh SMP Negeri Satap Totabuan

Peliput: Ebby Makalalag

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.