Tes SKB CPNS Usai, 187 Orang Pelamar Tunggu Nasib

0
648
Para peserta saat mengikuti tes SKB di Kantor Regional XI Manado.

TNews, BOLMONG – Proses Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow (Bolmong) telah usai.

Dari 291 peserta yang terdaftar mengikuti seleksi di Kantor Regional XI BKN Manado, hanya 187 diantaranya yang ikut tes.

Sementara 4 orang lainnya tidak ikut. Padahal,  sejak tanggal 5-6 September 2020 sudah ditetapkan jadwal tes tersebut. Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatiha (BKPP) Bolmong Umarudin Amba mengatakan, hingga sesi terakhir pelaksanaan  hanya 187 orang yang ikut SKB CPNS. 4 Orang tidak ikut.

“Dari awal kami selalu sampaikan jadwal SKB pelaksanaannya di BKN Manado,” ungkap Amba, Senin (07/09/2020).

Ditanya soal hasil SKB, Umarudin mengungkapkan masih menunggu dari Kemenpan dan RB. Sebab, sesuai petunjuk (Juknis) yang ada masih dilakukan rekonsiliasi nilai antara SKD dan SKB.  Kemudian hasil rekon itu yang dijumlahkan.

“Kemungkinan hasil rekon dilakukan awal Oktober mendatang,” tuturnya.

Sementara itu, Sekretaris BKPP Abdulssalam Bonde membenarkan hal itu.

“Dari 191, empat orang tidak hadir. Otomatis mereka gugur tes,” kata Bonde.

Selanjutnya kata dia, untuk hasil SKB tersebut atau dokumennya langsung diserahkan ke BKN. Karena untuk penentuan kelulusan berdasarkan akumulasi nilai SKD dan SKB.

“Iya, nilai tertinggi dari akumulasi SKD dan SKB,” jelas Bonde.

Terpisah, Kepala Bidang Mutasi dan Pengembangan, BKPP Suipto Tubuon keempat orang yang tidak ikut, pihaknya sudah berupaya maksimal. Termasuk menghubungi mereka, namun hingga pelaksanaan tes, mereka tak kunjung datang.

“Kalau satu orang meninggal. Kemudian yang satu orang lagi salah melihat jadwal, dan dua orang tidak ada kabar,” ungkap Tubuon.

Untuk hasil dokumen pelaksanaan tes SKB Bolmong sudah diserahkan ke pihak BKN. Selanjutnya, hasil SKB itu masih direkon oleh Kemenpan dengan hasil SKD beberapa waktu lalu.

“Kalau nilai SKD dikalikan 40 persen dan SKB 60 persen. Setelah itu, kedua nilai tersebut akan dijumlahkan. Hasilnya nanti sesuai dengan urutan,” pungkas dia.

Imran Asiaw

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.