Tingkatkan PAD, Dishub Bolmong Gandeng UPP Labuan Uki

0
79
Zulfadli Binol

TOTABUANEWS, BOLMONG – Demi memaksimalkan Pendapatan Asli Daerah (PAD), Tepi Jalan bagi kendaraan yang beraktivitas di Pelabuhan Labuan Uki Kecamatan Lolak, Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) menggandeng pihak Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) Labuan Uki.

Kepala Dishub, Ashari Sugeha melalui, Kepala Bidang (Kabid) Prasarana, Zulfadli Binol, mengatakan ini adalah sebuah langkah strategis melihat peluang PAD daerah.

“Ini langkah strategis Dishub, karena melihat peluang dan tantangan yang sudah melewati evaluasi matang,” ujar Binol, pekan kemarin.

Untuk kerjasama kata Binol, didalam pelabuhan tersebut terjalin karena ada koordinasi yang baik dengan pihak Syahbandar.

“Sebelumnya pos kami terletak di Pinogaluman. Namun, tidak maksimal karena aktifitas kendaraan banyak dilakukan di malam hari serta pos tersebut posisinya masuk jalan provinsi,” ungkapnya.

Dijelaskannya juga, pajak Tepi Jalan berlaku bagi semua kendaraan yang beraktivitas di Pelabuhan Labuan Uki, tak terkecuali mobil pengangkut ikan.

“Setelah kami terapkan, akhirnya peningkatan PAD sangat siginifikan, yang jika 1 bulan hanya Rp 200 Ribu, sekarang sudah lebih. Artinya terkadang bisa 100 persen kalau ada aktivitas bongkar muat. Kami over target dalam hal ini,” terangnya.

Diketahui, selain menerapkan Pajak Tepi Jalan, pihak Dishub Bolmong juga menyarankan setiap kendaraan agar menggunakan penutup berupa terpal, sehingga material tidak jatuh dan mengganggu pengendara lainnya.

Peliput: Ebby Makalalag

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.