Hadiri Pelantikan BPD, Bupati Iskandar Kamaru Ingatkan Ini

0
79

TNews, Bolsel –  Bupati Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) Hi Iskandar Kamaru SPt, menghadiri pelantikan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) se kecamatan Helumo dan Tomini, Rabu (22/01/2020).

Dalam kesempatannya, top eksekutif di daerah religgius tersebut mengatakan, agar anggota BPD yang baru saja dilantik dapat memahami dan memaknai tugas dan tanggung jawab sebagaimana yang tertuang dalam Permendagri RI Nomor 110 Tahun 2016 tentang BPD.  “Gunakan hak dan kewenangan semata-mata untuk mencapai kesejahteraan masyarakat di desa,”ungkap Bupati Kamaru.

Bupati Kamaru melanjutkan,  Anggota BPD harus bersinergi dengan kepala desa dalam membangun desa serta  diharuskan memiliki Visi dan inovatif. “Hindari perpecahan yang hanya diakibatkan kurangnya pemahaman dan pengetahuan atas regulasi yang ada,”tuturnya.

Selain itu, orang nomor satu di Bolsel tersebut juga mengingatkan agar BPD bersama dengan pemerintah desa terus mengembangkan Ecotourism transpatoa . “Anggaran untuk pengembangan sudah diatur dalam PIID Pel Kemendes RI Tahun 2019 itu menjadi tanggung jawab Pemerintah desa dan anggota BPD,”ungkapnya

Bupati menambahkan, Agar pengembangan serta pelestarian wisata yang berbasis lingkungan, wisata edukasi serta wisata tanpa sampah plastik harus menjadi perhatian serius oleh pemerintah desa dan anggota BPD. “Sehingga diharapkan kedepan nanti ada produk peraturan desa yang mendukung hal tersebut,”tambahnya.

“Perlu diketahui juga, saat ini alur pencairan dana desa telah diubah sebagaimana diamanatkan  oleh PMK nomor 205 tahun 2019 tentang pengelolaan dana desa yakni tahap satu 40 persen, tahap dua 40 persen dan tahap tiga 20 persen,”tutupnya,

Diketahui, Dalam kegiatan ini juga, Bupati meresmikan sejumlah proyek desa yang telah rampung.

Turut hadir anggota DPRD Kab. Bolsel, Asisten 1 Ramli Abdul Madjid SPd, Asisten 2 Suja Alamri SPd, pejabat tinggi pratama Pemkab Bolsel, unsur Forkopimda dan masyarakat umum.

 

Gie

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.