Lima Calon Sekda Bolsel Tunggu Pengumuman

0
426

TOTABUANEWS, BOLSEL – Pelaksanaan tes seleksi jabatan tingkat tinggi pratama Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) sudah selesai digelar. Lima calon kini menunggu informasi siapa yang bakal lolos ke tiga besar.

Informasi dari Badan Kepegawaian dan Diklat Daerah (BKDD), tergantung perolehan nilai masing-masing. Kepala Bidan Perencanaan dan Disiplin, BKDD Bolsel, Muksan Kunsi mengatakan seleksi jabatan tinggi pratama ini masih sementara berproses, meski pelaksanaan tes sudah selesai.

“Kalau hasil penilaian dari panitia seleksi (pansel) tim ahli sudah ada. Sekarang menunggu hasil penilaian pansel Assesment dan Assesor,” kata Muksan Kunsi, kemarin.

Lanjutnya, terinformasi hasil penilaian itu akan dijemput, Senin (1/5) pekan depan. Dijelaskannya, untuk pembagian nilai, 60 persen penilaian Pansel Tim Ahli dan 40 persen Pansel Assesment dan Assesor.

“Perbedaannya, kalau pansel tim ahli materinya lebih fokus pada tugas pokok dan fungsi sekda. Sedangkan pansel assesment, lebih fokus pada uji psikologi,” terangnya.

Mengenai yang lolos ke tiga besar, menurut Muksan Kunsi, ditentukan perolehan nilai. Selanjutnya, tiga nama yang masuk tiga besar sebentar akan dikembalikan kepada pejabat pembina kepegawaiaan, dalam hal ini Bupati Bolsel Hi Herson Mayulu (H2M). Setelah itu, Bupati meneruskan tiga nama ini kepada Gubernur untuk penerbitan SK. Gubernur lanjutkan ke Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) untuk mengeluarkan rekomendasi. “Dalam proses ini, akan keluar satu nama yang akan ditetapkan sebagai Sekda Definitif,” sebutnya.

Soal kapan pelantikan Sekda definitif, BKDD selaku instansi teknis belum bisa memastikan. Kata Muksan prosesnya masih panjang. Namun, di sisi lain, BKDD akan berupaya dalam waktu yang tidak terlalu lama sudah ada hasilnya.

“Kita akan berusaha Mei Sudah selesai. Bolsel sudah ada Sekda Definitif,” sahut mantan Camat Pinolosian Tengah (Pinteng) ini.

Di sisi lain, terpantau, meski sementara mengikuti seleksi sekda, lima pejabat senior eselon IV/b di linkgup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolsel tersebut tetap fokus menjalan tugas mereka masing-masing. Sebut saja, Abadi Yusuf sebagai Plt Sekda, Indra Damopolii sebagai Asisten I, Johan Van Gobel sebagai Asisten II, Abdul Malik Musa sebagai Kepala BKDD dan Agus Mooduto sebagai Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag). Dengan demikian, kegiatan pemerintahan tetap berjalan mulus.

“Lima calon bersaing ketat dalam seleksi, tapi di sisi lain, di luar kegiatan seleksi kelimanya tetap bersinergi dan melaksanakan tugas  sesuai dengan kewajiban, tanggung jawab dan kewenangan masing-masing,” papar Kabag Humas, Ahmadi Modeong.

Raldy D

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.