Wabup Irup Peringatan HSP Ke-89

0
29

TOTABUANEWS, BOLSEL,- Wakil Bupati Bolsel Iskandar Kamaru, S Pt jadi Inspektur Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke- 89 tahun, Sabtu (28/10/2017) kemarin.

Peringatan Hari Sumpah Pemuda Tahun ini yang mengangkat tema “Pemuda Indonesia Berani Bersatu”, digelar di Lapangan Molibagu Kecamatan Bolaang Uki.

Dalam sambutan Menpora yang dibacakannya Wabup Bolsel Iskandar Kamaru menyampaikan bahwa pemuda peserta kongres yang terjadi 89 tahun silam memiliki latar belakang agama, suku, agama dan adat istiadat berbeda, Namun, fakta sejarah menunjukan, perbedaan tidak menjadi penghalang bagi pemuda Indonesia untuk bersatu, inilah yang kita sebut berani bersatu.

“Perbedaan bukan menjadi penghalang untuk bersatu, kemudahan teknologi dan transportasi yang kita miliki hari ini harusnya lebih memudahkan untuk berkumpul, bersilaturahmi dan berinteraksi sosial,” ujar Kamaru.

Lanjut dikatakannya, Presiden pertama Republik Indonesia Bung Karno pernah menyampaikan, jangan mewarisi abu sumpah pemuda. Tapi warisilah api sumpah pemuda. Kalau hanya sekadar mewarisi abu, saudara-saudar akan puas dengan Indonesia yang sekarang sudah satu bahasa, satu bangsa dan satu tanah air. Tapi itu bukan tujuan akhir .

“Pesan yang disampaikan Bung Karno memiliki makna yang sangat mendalam lebih khusus bagi generasi muda Indonesia, Kita harus mampu melawan segala upaya memecah bela kesatuan dan persatuan bangsa,  Kita harus berani mengatakan, persatuan di atas segala-galanya,” jelas Wabup.

Disampaikannya juga tentang Perpres Nomor 66 tahun 2017 yang sudah ditandatangani Presiden RI Ir Joko Widodo.

“Presiden Joko Widodo telah menandatangani peraturan presiden (Perpres) nomor 66 tahun 2017, tentang koordinasi strategis lintas sektor penyelengeraan pelayanan kepemudaan, dan melalui Peraturan Presiden ini, kebangkitan pemuda Indonesia harus terus kita gelorakan, bersama pemerintah daerah, organisasi kepemudaan dan sektor swasta, kita harus bergandengan tangan, bergotong royong melanjutkan api semangat sumpah pemuda, saatnya kita berani bersatu untuk kemajuan dan kejayaan Indonesia,” tutur Wabup dalam sambutannya.

Di akhir sambutannya, Wabup juga menyampaikan pesan dari Bupati Hi Herson Mayulu, S IP untuk pemuda Bolsel.

“Bupati H2M menitipkan, pemuda sekarang harus memiliki daya juang, dan harus menjadi inspirasi untuk membangun daerah Bolsel dengan memanfaatkan kemudahan transportasi dan teknologi yang terus berkembang,” ujar Kamaru.

Hadir pada upacara peringatan HSP ke-89 tahun 2017, Plh Sekda Arvan Ohy S STP,Ketua dan Anggota DPRD pimpinan dan staf OPD Bolsel, Camat, Kapolsek Urban Bolaang Uki, Danramil Bolaang Uki, Sangadi, Pimpinan dan Anggota Organisasi Kepemudaan, LSM, serta siswa SD, SMP dan SMA.

Peliput : Aspriadi Paputungan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.