Bengkel Alat Mesin Pertanian Segera Hadir di Boltim

1
490
Bengkel Alat Mesin Pertanian Segera Hadir di Boltim

TOTABUANEWS, BOLTIM – Dinas Pertanian dan Peternakan (Dispertanak) Bolaang Mongondow Timur (Boltim) bakal membuat bengkel alat mesin pertanian. Hal tersebut dilakukan sebagai tindak lanjut penyampaian Bupati Boltim Sehan Landjar beberapa waktu lalu, guna mendukung pemeliharaan dan perbaikan alat mesin tani yang rusak. Hal tersebut dikatakan Kepala Dispertanak Boltim, Ramlah Mokodompis,(15/8) kemarin. Menurutnya, Alat mesin pertanian sangat membutuhkan unit perbengkelan. Mengingat,  program bantuan ini adalah pinjam pakai dari petani. Sehingga faktor kerusakan tidak tidak bisa dipungkiri.”Kami berencana, 2018 unit perbengkelan akan dibangun,” ujarnya.

Dijelaskanya, untuk melaksanakan teknis perbaikan tentunya harus ada teknisi permesinan atau montir. Nantinya pemuda-pemuda yang telah mengikuti program pemerintah di bidang permesinan atau montir akan ditempatkan di unit perbengkelan.”Montirnya nanti kita rekrut dari pemuda yang ahli mesin dan mempunyai sertifikat pelatihan,” katanya.

Selain itu, ia menjelaskan terkait pentingnya program pendampingan dan pembinaan bagi petani, guna meningkatkan hasil produksinya.

“Program ini sifatnya berkelanjutan dan merupakan tugas dari kami untuk melatih dan membina petani, agar produskinya jadi baik,” katanya.

Meski petugas penyuluh masih mendapatkan kendala di lapangan, namun masih bisa diatasi. “Kinerja penyuluh sudah baik. mereka masih bisa mengatasi kendala di lapangan,” ujarnya.

Ditambahkannya, pembinaan dan pendampingan ke petani sudah rutin dilaksanakan, dan tidak hanya memberikan teori. Praktek juga dilakukan.” Teori dan praktek kami terapkan ke petani. Mulai dari cara mengelola lahan, dan cara tanam dengan menggunakan teknologi baru,” jelasnya.

Tim Totabuanews

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.