DD Tahap Satu Akan Segera Direalisasikan

0
53
Pekan Ini Pergeseran Anggaran akan Dilakukan Pemda Boltim
Oskar Manoppo

TOTABUANEWS, BOLTIM – Dana Desa Tahap satu sekitar 20 Persen, sudah masuk ke Rekening Daerah, tinggal menunggu waktu untuk menyalurkan dana tersebut ke rekening setiap Desa.

Kepala Dinas Pengelola Keuangan Pemerintah Daerah (DPKPD) Boltim Oskar manoppo kepada Media mengatakan, pemerintah kabupaten telah menerima dana transfer DD tahap satu dari Pemerintah Pusat. “Dana Desa Tahap Satu, sekitar Rp. 11,8 Miliar sudah masuk Kas Daerah,” kata Oskar.

Pihaknya tinggal menunggu beberapa persyaratan untuk perealisasian dana tersebut. “Dana Desa, akan di transfer ke rekening desa sekalian dengan Alokasi Dana Desa. Namun, untuk perealisasiannya, kita masih menunggu kelengkapan administrasi di Desa, maupun Peraturan Bupati tentang Dana Desa dan ADD,” ujar Oskar.

Terpisah Fitra Damopolii Kepala Bidang Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Boltim mengatakan, Dana yang sudah masuk ke rekening daerah, dan akan segera di transfer ke Rekening Desa. “Paling lambat 7 Hari setelah Dana masuk, langsung di transfer ke rekening tiap desa,” kata Fitra.

Dia menjelaskan, berbagai persyaratan yang harus disiapkan oleh desa, ketika dana di rekening akan disalurkan. “Sebelumnya Tiap Desa, Harus menyiapkan berbagai dokumen untuk kelengkapan administrasi, antara lain RKPDes, Perdes, Dokumen APBdes, RAB, tahun 2018, mupun LPJ tahun 2017,” tambah Fitra.

Namun menurutnya, sebelum dana itu tersalur, DPMD masih akan melakukan sosialisasi penggunaan dana tersebut, banyak yang akan disesuaikan pada peruntukan ADD. “Awal Maret mendatang, akan dilakukan sosialisasi terlebih dahulu, baru kemudian proses perealisasian DD maupun ADD bisa dilakukan. Saat ini kita juga sedang menunggu Peraturan Bupati tentang Dana tersebut untuk di tandatangani,” ujarnya.

Di ketahui Dana Desa Tahap Satu yang telah masuk ke Rekening daerah Boltim saat ini sebesar Rp 11,8 Miliar. Atau sekitar 20 Persen, dari total sekitar 59.1 Miliar DD Tahun 2018. Sedangkan untuk ADD, sekitar 7.192 Miliar atau sekitar 20 Persen dari Total ADD yang sekitar 48 Miliar lebih.

Peliput: Dicky Mamonto

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.