Masyarakat Tutuyan Didorong Bangun Homestay

0
39

TNews, BOLTIM – Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) akan mendorong masyarakat di tiga desa Tutuyan bersatu agar segera menyiapkan homestay. Demikian dikatakan Kepala Dispar Boltim, Rizki Lamaluta, selasa (07/01/2020). “Kita akan mencoba mengajak masyarakat di tiga desa yang ada, Tutuyan I, Tutuyan II dan Tutuyan III, masing-masing desa sangadi mengsusulkan 10 rumah dijadikan home stay,” ujar Rizki Lamaluta.

Kata dia, 10 rumah yang layak yang diusulan sangadi dari tiap desa dijumlahkan total menjadi 30 rumah homestay. “Rumah yang layak kita akan jadikan home stay, ketika kami mendapatkan masing-masing 10 jumlahnya menjadi 30 rumah home stay,” kata Rizki Lamaluta. Rizky menjelaskan pada tahun 2020 ini, Dispar Boltim akan mengadakan pelatihan tentang kepariwisataan sehingga itu memerlukan homestay di pusat ibukota Boltim. “Kita dalam setahun mempunyai 8 kali pelatihan, jadi akan ada 30 rumah di tiga desa yang terpakai menjadi home stay,” ucap Rizki.

Ia pun menyarankan kepada masyarakat agar menyiapkan dari sekarang homestay “Kami yang akan mencari tamunya, karena pelatihan memerlukan waktu 3 sampai 4 hari menginap dan tinggal di home stay, dan itu kami yang biayai menggunakan anggaran dana alokasi khusus,” kata Rizki. Rizki menambahkan anggaran pelatihan menggunakan DAK sebesar 1,1 miliar diambil dari total anggaran DAK sebesar 5,5 miliar.

Adapun pelatihan akan dimulai bulan februari diantaranya ada pelatihan diving, pelatihan snorkling, pelatihan tata kelola destinasi wisata, pelatihan home stay, paralayang, pelatihan tracking dan masih banyak lagi

 

Sumber : beritamanado.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.