Pemda Boltim Dukung SPI Tahun 2022

0
127
Pemda Boltim Dukung Survei Penilaian Integritas Tahun 2022. (Art Inspektorat Daerah)

TNews, BOLTIM – Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) mendukung survei Penilaian Integritas (SPI) Tahun 2022 yang dilaksanakan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Menurut Kepala Insepktorat Daerah Boltim, Hardiman Pasambuna SH mengatakan, kegiatan SPI merupakan agenda nasional KPK. “Disini pemda  melalui Inspektorat Daerah sebagai fasilitator di Boltim untuk mendukung terselenggaranya kegiatan tersebut,”Ungkap Pasambuna.

Lanjut Pasambuna, Nantinya pegawai dan masyarakat yang terpilih sebagai responden akan dihubungi secara pribadi via WHATSSAPP dan email selang juli sampai dengan oktober 2022. “Penghubung yakni PT. MSI,”jelas Pasambuna

Diketahui, Survei Penilaian Integritas (SPI) merupakan survei untuk memetakan risiko korupsi dan kemajuan upaya pencegahan korupsi yang dilakukan Kementerian/Lembaga/Pemerintah Daerah (KLPD).

Hasil pemetaan dapat dijadikan dasar untuk menyusun rekomendasi peningkatan upaya pencegahan korupsi melalui rencana aksi sesuai karakteristik masing masing K/L/PD serta berdasarkan hasil pemetaan empiris.

Penilaian bersumber dari persepsi dan pengalaman para pemangku kepentingan instansi Kementerian/Lembaga/Pemerintah Daerah (K/L/PD), yaitu pegawai, pengguna layanan/mitra kerjasama, dan eksper/ahli dari berbagai kalangan.

Penilaian mencakup transparansi, integritas dalam pelaksanaan tugas, perdagangan pengaruh (trading in influence), pengelolaan anggaran, pengelolaan PBJ, pengelolaan SDM, sosialisasi antikorupsi di setiap instansi. Hasil survei berbentuk angka, yang menunjukkan level integritas instansi, dengan skala 1 hingga 100; semakin tinggi angka integritas sebuah instansi, maka sistem yang berjalan untuk mendeteksi risiko korupsi dan menangani ketika terjadi tindak pidana korupsi di K/L/PD tersebut, juga semakin baik.

Upaya ini dilakukan bukan hanya untuk mendongkrak angka indeks semata tetapi untuk meningkatkan implementasi pencegahan korupsi sebagai bagian dari Reformasi Birokrasi.

 

Yogi Mokoagow

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.