Pemeriksaan ADD/DD Boltim Masuk Tahap Akhir

0
89
Kemendagri dan KPK Surati Pemda Boltim
Meike Mamahit
TOTABUANEWS, BOLTIM – Pemeriksaan yang dilakukan oleh Inspektorat Daerah kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), terkait penggunaan Alokasi Dana Desa dan Dana Desa (ADD/DD) tahap pertama, memasuki tahap akhir. Hasilnya, banyak temuan yang didapati oleh sejumlah tim yang diturunkan sejak pekan lalu.
“Kemungkinan pada sabtu besok, pemeriksaan yang dilakukan oleh Lima tim yang di bentuk oleh Inspektorat sudah rampung,” Kepala Inspektorat Daerah Meike Mamahit saat bersua dengan Media Totabuan usai mengikuti Evaluasi APBD-P di Kantor Gubernur siang kemarin.
Selanjutnya, usai pemeriksaan, kelima tim tersebut baru akan menyusun laporan yang dilakukan selama melakukan pemeriksaan.
“Kemungkinan senin pekan depan, mereka akan menyusun laporan hasil pemeriksaan, baru akan diketahui pasti, Desa mana yang salah menggunakan Dana Desa maupun ADD,” tambahnya.
Ia pun mempunyai dugaan kuat, jika hasil pemeriksaan tahap pertama ini bakal ada temuan yang tidak jelas, sebab menurutnya, saat pemeriksaan berlangsung, banyak laporan yang tidak jelas yang dilaporkan langsung melalui lisan.
“Mereka yang memeriksa keuangan di Desa, sudah banyak memberikan laporan melalui Komunikasi, jika ada sejumlah Desa yang menggunakan anggaran, tapi tidak tertera di Rencana Kerja Anggaran (RKA),” ungkapnya.
Namun  menurutnya, jika nantinya ada temuan yang terdapat pada pemeriksaan, maka harus di perbaiki baru kemudian akan di proses tahap ke duanya. “Kalau pun ada Desa yang terbukti ada temuan, maka kita minta selesaikan dulu temuan yang ada, agar DD/ADD tahap Dua bisa tersalur,” terangnya.
Dicky Mamonto

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.