Produksi Tanaman Jagung di Boltim 22,133 Ton

0
14
Kepala Dinas Pertanian Boltim Mat Sunardi

TNews, Boltim – Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) memiliki luas lahan pertanian, khususnya untuk tanaman jagung kurang lebih 1.500 hektar. Data yang diperoleh ada sebanyak 141 kelompok tanaman jagung yang ada di Dinas Pertanian Kabupaten Boltim. Senin (25/10)

Sementara untuk bantuan bibit jagung yang diberikan adalah 22.500 kg, dalam hitungan dalam satu hektar, bibit yang diberikan atau digunakan adalah 15 kg. Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Pertanian Boltim Mat Sunardi melalui kepala bidang  produksi tanaman pangan dan hortikultura Yusni F Djangkarang. Ia mengatakan untuk jumlah produksi jagung yang ada di Kabupaten Bolmong Timur, dari bulan januari sampai dengan bulan juli sebanyak 22,133 ton.

“Ini sudah termasuk baik kelompok yang mendapatkan bantuan bibit jagung,dan tidak.Begitupun untuk perorangan,sedangkan bantuan baru diserahkan dari bulan juni sampai juli,” terangnya.

Ia juga menambahkan, untuk tanaman hortikultura yang tercatat ada 72 komoditi hortikultura, tetapi hanya delapan yang menjadi tanaman unggulan saat ini, seperti kubis, wortel, bawang daun, kentang, cabai, bawang merah, tomat, dan jahe.

“Untuk tanaman cabe dan bawang merah,ada 20 kelompok/perorangan yang mengusulkan dan ini tinggal menunggu untuk persetujuan dari Bupati,karena ini dilaksanakan secara swakelola,” bebernya.

Lanjutnya, untuk bawang merah hasil produksinya dari bulan Januari sampai dengan juli 2021 sebanyak 438 ton dengan luas sekitar 72 hektar. Sedangkan cabe hasil produksinya dari Januari sampai Juli 2021 sebanyak 54 ton dengan luas tanaman 173 hektar.

“Untuk produksi padi sawah tahun ini sesuai data dari januari sampai juli sebanyak 11.318 ton gabah kering panen,dan kalau dihitung dengan jumlah beras sekitar 5 ton,” tutupnya.

 

(Iki)

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.