Semarakkan HUT Ke-14, Pemkab Boltim Akan Gelar “Kabela Fest 2022”

0
190
Kabela Fest 2022 Bolaang Mongondow Timur. (Art Braga Official)

TNews, Boltim – Menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) Ke 14 Tahun 21 Juli 2022 mendatang, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) akan menggelar Kabela Fest 2022 (Festival Kabela) di hari jadi Daerah Seribu Danau tersebut.

Hal ini dibuktikan dengan persiapan-persiapan pemerintah dan masyarakat di daerah tersebut, misalnya tarian dana-dana yang mulai digelorakan mulai dari pesisir sampai pegunungan, hingga tarian khas penjemputan tamu tarian kebela.

Tidak hanya itu, untuk lebih menyemarakkan HUT Daerah itu, Pemkab juga bekerjasama dengan KNPI Boltim akan menggelar lomba tradisional.

Menyambut hal itu, Bupati Boltim Sam Sachrul Mamonto (SSM), mengajak seluruh pihak yang untuk membantu dan turut serta dalam mensukseskan hajatan terbesar di Boltim itu.

“Mari lestarikan budaya kita. Mulai saat ini, sebagai anak Negeri Totabuan paling timur, kita berkewajiban merawat dan melestarikan budaya leluhur kita,” jelas Sachrul.

Dikatakan SSM, untuk festival kabela itu akan dipusatkan di Ibu Kota Tutuyan dan akan dimeriahkan dengan berbagai kegiatan seperti pesta rakyat, lomba menghias kebersihan antara SKPD, dan tarian dana-dana massal.

“Adapun lomba permainan tradisional khas Bolaang Mongondow, sebagai bentuk kerja sama antara Pemkab Boltim dan Pemuda KNPI Boltim, yang akan diikuti oleh 81 Desa se-Boltim dan seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah Kabupaten Boltim,” tutup SSM.

Yogi Mokoagow

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.