Tim Penilai Lomba Desa Tingkat Provinsi Kunjungi Atoga Timur

0
113
TOTABUANEWS, BOLTIM – Tim Penilai ajang lomba Desa tingkat Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), mengunjungi Desa Atoga Timur Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) untuk melakukan penilaian, karena Desa tersebut telah di tetapkan sebagai Juara 1 tingkat Kabupaten, dan mewakili Boltim ke Tingkat Provinsi.Rabu 25 April 2018.
Kedatangan Tim penilai dari pemerintah Provinsi Sulut yang di pimpin oleh F Singal, di jemput secara adat oleh Pemerintah Kabupaten Boltim, yang dihadiri oleh Ketua TP-PKK Ibu Nursiwin Landjar Dunggio dan wakil ketua TP-PKK Ibu Titik Susanti Gumalangit Mamonto, Asisten I bidang pemerintahan, serta unsur Forkopimda dan Pimpinan SKPD Boltim.

Pada kesempatan itu, Asisten I  bidang  Pemerintahan  Amin Musa, membacakan sambutan Bupati Boltim Sehan Landjar,
dan memperkenalkan Desa Atoga Timur kepada Tim penilai dari Provin.”Desa Atoga timur tahun ini adalah  juara 1  lomba Desa tingkat Kabupaten, yang mewakili Boltim dalam penilaian lomba Desa tingkat Provinsi.Tahun kemarin Desa ini telah meraih prestasi sebagai Runer-up pada lomba Desa tahun sebelumnya.Sehingga itu memicu semangat dari Sangadi dan masyarakatnya untuk meraih juara 1 tingkat Kabupaten saat ini,” Kata Amin Musa.

Harapan Pemerintah Daerah, Atoga Timur dapat mengukir prestasi di tingkat Provinsi.”Pemerintah Boltim berharap Atoga timur dapat mengukir prestasi terbaik satu di tingkat Provinsi,” tuturnya.

Lebih lanjut, Amin Musa menyampaikan sambutan Bupati, dimana selama ini Boltim belum pernah diberi kesempatan untuk mendapatkan penghargaan di ajang bergengsi tersebut.”Sudah cukup lama Boltim belum pernah diberi kepercayaan mendapatkan penghargaan dalam even yang bergengsi tersebut,
padahal apa yang ada di  Boltim, kami rasa tidak kalah dan tidak berbeda dengan desa yang mendapat juara waktu itu,” kata dia.

Selain itu ia samapaikan, Pemerintah Boltim mengutus Desa Atoga Timur bukan hanya sekadar menggugurkan kewajiban, namun karena Desa tersebut bisa menjadi contoh bagi Desa lainnya.”  Kali ini kami mengutus desa Atoga timur bukan hanya sekadar menggugurkan kewajiban, tetapi Desa ini layak menjadi contoh bagi Desa-desa  yang lain, bukan hanya di Boltim tapi juga di seluruh daerah di Sulut sebagai Desa kreatif dan inovatif,” katanya.

Sedangkan, dalam memajukan Desa yang ada di Boltim, Pemerintah sudah memberikan perhatian ke Seluruh Desa yang ada.”Pemerintah Daerah telah memberikan perhatian dan komitmen yang tinggi, antara lain dengan melakukan pembinaan dan bimbingan teknis sampai pemberian bantuan sarana dan prasarana Desa yang maju dan mandiri,” ujarnya.

Di Boltim, Pemerintah telah mencanangkan program sesuai Visi dan Misi Bupati dan Wakil Bupati, yang tentunya menjadi indikator penilaian pada lomba Desa.”Pemerintah daerah selama ini telah mencanangkan program sesuai Visi dan Misi Bupati dan Wakil Bupati yaitu,pemantapan pemerintahan,pembangunan ekonomi sosial dan kemasyarakatan, guna menuju Boltim cerdas sehat kreatif dan berwawasan lingkungan, menuju masyarakat yang sejahtera dan mandiri berbasis pedesaan. Itulah sebabnya setiap desa yang saya perintahkan untuk mengawal proses pemerintahan, kewilayah pembangunan kemasyarakatan yang tentunya juga merupakan hal yang tentunya menjadi indikator penilaian lomba desa,”ucapnya.

Pada pelaksanaan penilaian lomba Desa tersebut, Ketua TP-PKK Boltim Ibu Nursiwin Landjar Dunggio, menyerahkan Cinderamata kepada tim penilai.

Ajang perlombaan Desa merujuk pada peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 81 Tahun 2015 tentang Evaluasi Perkembangan Desa dan Kelurahan. Sebagaimana diatur dalam Undang- Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Desa, bahwa Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah Provinsi, dan Pemerintah Daerah Kabupaten/ Kota membina dan mengawasi penyelenggaraan Pemerintah Desa.

Chy’Lhan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.