UKP : DD untuk Tanggap Bencana, Bukan Untuk Sembako

0
32
Uyun K Pangalima

TNews, BOLTIM – Sebanyak 81 Desa, di Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), menyiapkan dana tanggap bencana sekitar 100 Juta per Desa, untuk penanggulangan bencana, termasuk pencegahan Virus Corona, yang saat ini sedang menjamur. Dana tersebut, tak di perbolehkan untuk pengadaan Sembako.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Bolaang Mongondow Timur (Boltim), Uyun K Pangalima SP.d, saat dihubungi media ini mengatakan, desa telah menyiapkan dana tanggap bencana. “100 Juta untuk tanggap bencana, didalamnya sudah termasuk termasuk penanggulangan Covid 19,” kata Kepala DPMD Boltim lewat Aplikasi WhatsApp pada Rabu (01/04/2020).

Uyun menambahkan penggunaan Dana Desa yang dialokasikan ke tanggap Bencana, Khusus untuk Virus Corona, hanya untuk pengadaan beberapa item penting. “DD untuk Covid 19, hanya untuk pembelian masker, Disinfektan, dan alat pengukur suhu tubuh,” jelasnya.

Dia mengungkapkan jika DD yang dialokasikan, tidak diperbolehkan untuk pengadaan sembako. “DD tidak untuk pembelian sembako, karena bantuan makanan akan disiapkan oleh pemda, lewat dana tanggap darurat, yang nantinya akan disalurkan lewat gugus tugas bersama pemerintah desa,”Ujarnya.

Uyun yang juga mantan Kepala Bagian Hubungan Masyarakat (Humas) Pemda Boltim, mengingatkan bahwa pihaknya tidak bertanggung jawab apabila salah menggunakan Dana tersebut. “Jika ada yang menggunakan DD untuk sembako maka tidak bisa dipertanggung jawabkan,” singkatnya.

Dijelaskannya, Dana yang disiapkan tersebut, akan diperuntukan untuk kebutuhan lain apabila tiba tiba terjadi bencana. “Apabila eskalasi tidak parah, 100 juta yang disiapkan bisa digunakan untuk  bencana lain,” jelas mantan camat Modayag itu.

 

Mks

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.