Bupati Bolsel Lantik Sangadi Terpilih Desa Torosik

0
573
Foto Bupati Bolsel saat melantik Bakri Mokoagow sebagai sangadi Torosik
Foto Bupati Bolsel saat melantik Bakri Mokoagow sebagai sangadi Torosik
Foto Bupati Bolsel saat melantik Bakri Mokoagow sebagai sangadi Torosik

TOTABUANEWS, Bolsel – Bupati Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) Hi Herson Mayulu S IP, Rabu (07/01) kemarin, melantik Moh Bakri Mokoagow sebagai Sangadi (Kepala Desa, red) Torosik periode 2015-2021. Acara pelantikan dilaksanakan pukul 13.00 Wita yang disaksikan seluruh masyarakat Desa Torosik beserta seluruh pejabat pemerintahan baik eksekutif maupun legislatif Kabupaten Bolsel.

Kegiatan tersebut dilaksanakan berdasarkan Surat Keputusan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Torosik Nomor : 03/BPD-DT/XII/2014 Tentang Penetapan Calon Sangadi Terpilih Desa Torosik Kecamatan Pinolosian Tengah, yang ditetapkan Bupati Bolsel melalui Surat Keputusan Nomor 6 Tahun 2015 Tanggal 6 Januari 2015 tentang Pemberhentian Pelaksana Harian Sangadi dan Pengesahan Pengangkatan Sangadi Torosik Masa Jabatan 2015-2021. Pada acara pelantikan yang dirangkaikan dengan serah terima jabatan antara pelaksana harian (PLH) Anhar O Mokoagow dengan Sangadi Definitive Moh Bakri Mokoagow, juga dilakukan penyerahan kunci kendaraan dinas (kendis) Sangadi.

Bupati Bolsel Hi Herson Mayulu S IP (H2M) dalam sambutannya memberi apresiasi kepada PLH Sangadi Torosik, BPD, Panitia Pemilihan Sangadi serta seluruh masyarakat yang telah berkontribusi hingga suksesnya pesta demokrasi di Desa Torosik.

“Terima kasih kepada PLH, yang sekian bulan menjadi Sangadi telah berhasil membawa pergerakan masyarakat untuk berdemokrasi yng baik sehingga terpilih Sangadi Definitive,” tegas H2M.

Selain itu penghargaan yang sangat tinggi juga diberikan H2M kepada dua calon yang belum terpilih yakni Ratna Mokoagow dan  Roni Mokoginta.

“Terima kasih sudah berpartisipasi dengan sehat, dan kepada seluruh masyarakat saya ucapkan terima kasih karena sudah memilih Sangadi dengan hati nurani,” tutur H2M.

Ditegaskan H2M, momentum yang strategis tersebut memiliki makna bahwa Sangadi bukan hanya sekedar formalitas melainkan sebagai amanah atau tanggung jawab untuk memimpin masyarakatnya menuju kepada perubahan yang lebih baik.

“Sangadi adalah ujung tombak dalam proses penyelenggaraan pemerintah, karena itu sebagai ujung tombak, Sangadi harus pro aktif,” terangnya.

H2M jug menambahkan, selain tugas Sangadi dalam mempertahankan Pancasila dan Undang-undang Dasar (UUD) serta membangun kehidupan berdemokrasi, tugas utamanya adalah mensejahterakan masyarakat.

“Saat disumpah dan dilantik, saudara Bakri telah menjadi Sangadi untuk seluruh masyarakat Torosik, harus cepat beradaptasi dengan tugas yang baru, segera rangkul kembali masyarakat yang kemarin sempat terpecah-pecah, untuk bersatu membangun Desa Torosik agar lebih baik ke depan,” tegas H2M.

Sementara itu, Moh Bakri Mokoagow ditemui media ini usai acara pelantikan mengucapkan terima kasih kepada Bupati Bolsel Hi Herson Mayulu S IP dan seluruh jajaran pejabat pemerintahan teras Bolsel yang telah hadir dan ikut menyaksikan pelantikan tersebut.

“Terima kasih kepada Bupati dan jajaran pejabat pemerintah Bolsel, Pemerintah Kecamatan Pinolosian Tengah serta seluruh masyarakat yang karena doa serta dukungannya saya bisa dipercayakan menjalankan amanah sebagai Sangadi Torosik,” tutur Bakri.

Dalam menjalankan tugasnya, Bakri mengharapkan kerjasama dari semua pihak “Kritik dan saran menjadi acuan saya untuk bersama masyarakat membangun Desa Torosik ke arah yang lebih baik,” imbuhnya.

Turut hadir pada acara tersebut Wakil Bupati Bolsel Drs Syamsul Bahri Badu, Wakil Ketua DPRD Bolsel, Kepala Kantor Kemenag Bolsel Drs H Suhada Mokoagow, Camat Pinteng Daanan Mokodompit S Pd, Wakapolsel, Danramil, KUA serta seluruh Sangadi Pinteng.

 

Surahman Mokoagow

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.