Dinkes Bolmong Terima 2000 Dosis Vaksin Covid-19, Erman : Februari siap disuntikkan Bagi Tenaga Kesehatan

0
60
Dinkes Bolmong saat menerima 2000 Dosis Vaksi Covid-19.

TNews, BOLMONG — Sedikitnya, 2000 dosis vaksin Covid-19 tiba di Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) dan diterima langsung Dinas Kesehatan (Dinkes), Rabu (27/01/2021) sekira Pukul 11.53 Wita.

Vaksin tersebut diterima langsung Ketua Satgas Covid-19 Deker Rompas, yang juga Asisten I Bidang Pemerintahan Setda Bolmong mewakili Bupati Yasti Soepredjo Mokoagow, didampingi Kadis Kesehatan Erman Paputungan, Kepala BPBD Syahril Mokoagow serta jajaran Dinkes Bolmong.

Menurut Kepala Dinkes Erman Paputungan, melalui Kepala Bidang P2P Yusuf Detu, 2000 dosis vaksin untuk tahap pertama akan diperuntukan bagi tenaga kesehatan.

“Iya, vaksinnya kita sudah terima dari Dinkes Provinsi Sulut siang ini, februari mendatang kita akan melakukan vaksinasi Covid-19, 985 tenaga kesehatan kita dahulukan untuk tahap awal,” kata Yusuf saat dikonfirmasi TNews melalui pesan WhatsApp.

Hal itu dilakukan kata dia berdasarkan surat edaran Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI untuk vaksin Covid-19 yang akan dilakukan diseluruh daerah se-Indonesia dan yang akan didahulukan adalah tenaga kesehatan.

Namun kata dia, beberapa daerah menjadi prioritas dan didahulukan, apalagi bagi daerah-daerah yang berbatasan dengan Ibukota Provinsi Sulut, seperti Bitung, Kota Tomohon dan beberapa daerah lainnya.

Untuk itu, dia berharap pelaksanaan vaksin yang akan dilakukan ini khusus Bolmong dapat berjalan dengan lancar dan diterima oleh masyarakat.

“Sosialisasi kita lakukan di masing-masing puskesmas. Langsung kepada masyarakat, agar masyarakat tidak beranggapan buruk tentang vaksin ini,” ucapnya.

Yusuf menambahkan, vaksinasi yang akan dilakukan tersebut berdasarkan kelompok usia mulai dari 18 tahun hingga 59 tahun. Selanjutnya bagi anak-anak dan orang tua lanjut usia, masih menunggu petunjuk lebih lanjut dari Kemenkes.

“Kemudian, yang memiliki riwayat penyakit berbahaya seperti jantung dan lain sebagainya, termasuk yang sudah mendapatkan vonis positif covid berdasarkan hasil pemeriksanaan tidak diperbolehkan divaksin,” tuturnya.

Di sisi lain kata Yusuf, 2000 vaksin tersebut telah diterima dan langsung disimpan di tempat khusus yakni Cold Cain.

“Sementara untuk penyaluran di tiap puskesmas se-Bolmong masih dilakukan koordinas dengan pihak puskesmas. Kita masih melakukan persiapan-persiapan kemudian didistribusikan. InsyaAllah secepatnya, yang pasti februari kita lakukan vaksinasi,” ujarnya.

Imran Asiaw

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.