Jumat Besok Opening Likupang Tourism Festival 2022

0
258

Momentum Popularitas Destinasi Pariwisata Super Prioritas Likupang Minut

TNews, Minut – Likupang Tourism Festival 2022 sebagai ajang menduniakan Pariwisata potensi Likupang Minahasa Utara sebagai salah satu Destinasi Pariwisata Super Prioritas, Jumat (29/07/2022) besok digelar dengan lokasi pembukaan di Pantai Pall dan berlangsung hingga Minggu 31 Juli mendatang.
LTF 2022 merupakan kali ke dua dilaksanakan, sebagai rangkaian even Nasional Karisma Nusantara (KEN) oleh 34 provinsi di seluruh Indonesia sesuai rilis Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) Republik Indonesia.
“Likupang Tourism Festival 2022 difasilitasi Pemkab Minut akan lebih longgar pelaksanaannya, dibandingkan 2021silam yang masih berada pada masa pandemi yang tentunya terbatas. LTF 2022 akan lebih beragam kegiatan dan cakupan jumlah khalayak yang pasti lebih banyak. Kegiatan ini sudah pasti diharapkan akan mengangkat nama Likupang sebagai salah satu Daerah Tujuan pariwisata super prioritas di tanah air dengan jumlah pengunjung yang diharapkan lebih banyak lagi,” kata Audi Sambul Kepala Dinas Pariwisata Minut di dampingi Theodore Lumingkewas Kepala Dinas Komumikasi, Informatika dan Persandian.
Selanjutnya disebutkan, LTF 2022 akan digelar di 3 titik yang berdekatan, yakni Pantai Paal sebagai pusat kegiatan, Pantai Pulisan dan Pulau Komang. LTF 2022 juga menyajikan berbagai kegiatan menarik bertema lingkungan hidup yakni melepas liarkan anak penyu atau tukik, penanaman bibit mangrove serta penanaman terumbu karang.
“Kegiatan bertema pelestarian alam dan lingkungan hidup mendapat proporsi lebih untuk LTF tahun 2022 ini. Kegiatan yang tak kalah menarik lainnya adalah lomba perahu hias, lomba bakar ikan, lomba kesenian, dan lomba kebudayaan
Uniknya akan ada pentas tarian tradisional berkolaborasi dengan musik modern,” ulas Sambul.
Pelaku UMKM penunjang sektor pariwisata dan ekonomi kreatif diberikan ruang untuk terlibat aktif. “Penyelenggara telah memfasilitasi sedikitnya 30 stand pameran di LTF. Ini disediakan bagi untuk pelaku industri kuliner, kriya, dan fashion dari Minahasa Utara, untuk memperkenalkan produk unggulan kepada tamu di ajang ini,”
Berbagai produk unggulan yang berpartisipasi diantaranya untik Kuliner memperkenalkan makanan atau camilan yang terbuat dari pisang dan ikan cakalang, ikan mujair, dan Citarasa Pepes (woku) dalam kemasan modern. Sementara untuk produk Kriya, turunan limbah buah kelapa, mulai dari sabut hingga tempurung, dalam bentuk suvenir. Untuk fesyen show sudah pasti menampilkan brand lokal. “Kami memprioritaskan UMKM Minut, dengan tujuan agar produk-produk masyarakat lebih dikenal dan juga ikut serta mempromosikan pariwisata Likupang sebagai salah satu Destinasi Pariwisata Super Prioritas,” jelas Sambul.
Lain halnya dengan Lumingkewas menyebutkan LTF 2022 menjadi kewajiban bersama untuk menyukseskannya sesuai dengan harapan bupati Joune Ganda, SE, MAP.
“Mewakili bupati Minahasa Utara bapak Joune Ganda dan Wakil bupati Kevin Wiliam Lotulung, kita semua diajak menyukseskan seluruh rangkaian kegiatan hingg berakhir pada Minggu 31 Juli mendatang dan sudah pasti saat ini pelaksana sudah siap dalam melaksanakan tugas dengan seprofesional mungkin. Dan perlu diingatkan untuk tetap disiplin dengan prokes Covid 19 serta telah divaksin minimal tahap dua,” kata Theodore.
Likupang Tourism Festival 2022 direncakana dihadiri Menteri
Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, pihak dari Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Kementerian PUPR, dan Kementerian Perhubungan. Kehadiran kementerian ini untuk membahas pengembangan pariwisata di Likupang sebagai satu dari Lima Destinasi Super Prioritas

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.