Kepala Dinkes Kotamobagu: Tidak Ada Biaya Pemeliharaan di Puskesmas

0
159

TOTABUANEWS, Kotamobagu – Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kotamobagu,dr Salmon Helweldery mengaku, bahwa untuk biaya pemeliharaan Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas). Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu tidak mengalokasikan anggarannya.

Hal ini disampaikan Salmon ketika dihubungi Totabuanews akhir pekan lalu di kantor Dinkes Kotamobagu. “Tiap Puskesmas Tidak ada yang di anggarkan khusus, karena kita sudah ada Badan Operasional Kesehatan (BOK), kecuali untuk pemeliharaan yang ringan-ringan seperti mengganti seng, atau biaya mengecat pagar.” Kata Salmon.

Salmon mengatakan, Dinkes melalui BOK juga memberikan dana untuk perawatan kendaraan dinas (Kendis) yang menjadi operasional Puskesmas maupun Poskesdes di Kota Kotamobagu (KK). “Hanya pemeliharaan kendaraan saja yang tersedia dan untuk barang lainya tidak ada,” ujar salmon.

Sementaran itu, informasi yang berhasil dirangkup Media ini, beberapa alat kesehatan (Alkes), untuk penunjang pelayanan kesehatan bagi masyarakat di Puskesmas yang ada di daerah ini sudah tak bisa digunakan lagi.

Salah satunya, Alkes berupa mesin Floumber gigi di Puskesmas Kelurahan Motoboi Kecil, kini tak berfungsi lagi akibat biaya pemeliharaan yang tak dianggarkan. “Alkes itu pengadaan tahun 2009. Sejak barangnya sampai di Puskesmas sudah tak bisa difungsikan,” kata Sumber yang enggan namanya dikorankan.

Peliput: Isnandar Bangki

Editor: Konni Balamba

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.