2017, Dana Desa di Kotamobagu Capai Rp15,171 Milyar

0
67
TOTABUANEWS, KOTAMOBAGU — 2017 mendatang, Pemerintah Pusat akan mengucurkan anggaran Dana Desa (Dandes) lebiha besar dari tahun sebelumnya. Terbukti, total anggaran yang akan diterima Kotamobagu sebesar Rp15,171 miliar. Bahkan, ini juga menjadi kabar baik bagi Tiga Desa, yakni Desa Pontodon Timur, Moyag Tampoan dan Moyag Tudulan  yang belum menikmati dandes tahun ini. Karena, mulai tahun depan, tiga desa tersebut sudah bisa menikmati dandes.
Kepala Bidang Pemberdayaan Masyarakat Badan Pemberdayaan Desa (BPMD, PP dan KB) Hamdan Monigi mengugkapkan, informasi informasi tersebut, didapatkan setelah Ia melakukan koordinasi ke Kantor Dirjen Bina Pemerintah Desa Sub Bidang Penamaan Desa Kementerian Dalam Negeri, beberapa waktu lalu. “Bersama dengan desa dari berbagai daerah di Indonesia yang bermasalah, tiga desa sudah masuk untuk kodefikasi. Tinggal menunggu hasil revisi yang akan ditetapkan dengan Permendagri,” ujar Hamdan.
Sebelumnya, dari tim Kemendagri juga sudah datang berkunjung ke tiga desa tersebut. “Pada Januari lalu sudah turun tim Kemendagri dan berbincang dengan masyarakat di tiga desa,” tambahnya.
Terpisah, Kepala BPMPD Sitty Rafiqah Bora menuturkan, alokasi dandes 2017 mengalami kenaikan. Jika tahun 2016 setiap desa menerima Rp565 juta, kini akan menerima Rp720 juta. Ia menjelaskan, pihaknya terus melakukan pendampingan terhadap pengelolaan dandes setiap tahunnya.
“Pendamping desa sebagai perpanjangan tangan pemerintah melakukan pendampingan terhadap pemerintah setempat. Untuk memetakan hal-hal apa saja yang prioritas untuk dibangun menggunakan dandes,” ujar Rafiqa.
Diketahui, Tiga desa yang akan menikmati Dandes 2017 mendatang, terlihat dalam rincian dandes tahun 2017/2018 di website www.djpk.depkeu.go.id. Dari data yang ada, 15 desa di Kotamobagu akan mendapatkan Dandes sebesar Rp720.442.000 per desa dengan total anggaran untuk Kotamobagu mencapai Rp10,8 miliar plus ketambahan Rp4,3 miliar.
Tim Totabuanews

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.