Kantongi Juknis, Gaji 13-14 Siap Dibayarkan

0
65
Pemkot MoU Dengan BRI Terkait E-Tax
Rio Lombone

TOTABUANEWS, KOTAMOBAGU — Setelah mengantongi Pentujuk Teknis (juknis) dari Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri), akhirnya.  Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu sudah  bisa melakukan penyaluran gaji 13 dan 14, untuk tahun anggaran 2017 kepada 2.800 Aparatur Sipil Negara (ASN).

Menurut Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) Kotamobagu, Rio Lombone untuk pembayaran akan dilakukan dalam dua tahap. Masing-masing untuk gaji 13, akan dilakukan pada bulan Juli 2107 mendatang,  dan Gaji 14 akan mulai dilakukan akhir pekan ini juga. “Pencairan lancar dibayarkan. Jika seluruh bendahara sudah melakukan pengajuan dari masing-masing SKPD,” ujarnya, Rabu (14/6/2017).

Sebelumnya, Kabid Anggaran Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) Helfrits Lahimade menjelaskan, bahwa untuk pembayaran gaji ke 13 dan 14, dananya sudah ditata di APBD 2017. “Untuk keseluruhan, pemkot sudah menyediakan dana sebesar Rp 22 miliar. Sudah pasti akan segera kami bayarkan. Masing-masing, untuk gaji 13 ada Rp 11 miliar dan untuk gaji 14 juga 11 miliar. Jadi total 22 miliar,” katanya.

Sesuai peraturan pemerintah (PP) Nomor 19 Tahun 2016, gaji 13 akan dibayarkan di Bulan Juni.  PP 19 Pasal 3 ayat 1 menyebutkan gaji, pensiun, atau tunjangan ke-13 bagi PNS, Prajurit, TNI, Anggota Polri, Pejabat Negara, dan Penerima Pensiun atau Tunjangan sebagai dimaksud Pasal 2 ayat 1 diberikan sebesar penghasilan pada bulan Juni. Sementara Pasal 4 ayat 1 menyebutkan, pemberian gaji pokok, tunjangan keluarga, tunjangan jabatan atau tunjangan umum ketiga belas sebagaimana dimaksud pada Pasal 3 ayat 3 huruf a dan dibayarkan pada bulan Juni. Pasal 4 ayat 2 disebutkan tunjangan kinerja ketigabelas sebagaimana dimaksud dalam Pasal 3 ayat 3 huruf a dibayarkan pada bulan Juli.

Wali Kota Kotamobagu,  Ir Hj Tatong Bara melalui Kabag Humas Pemkot, Hi Aljufri Ngandu mengimbau agar ASN bisa memanfaatkan gaji 13 dan 14 tahun ini, dengan lebih bijak. “itu sudah menjadih hak para Abdi Negara yang ada di Pemkot, dan untuk itu, kami hanya bisa berharap, agar dengan dana tambahan tersebut, kita bsia menyambut hari raya idulfitri 1438 Hijriah dengan bersih hati, diiringi kerja dan pengabidan yang tulus untuk negara dan masyarakat t,” ujar mantan Sekretrais Dinas Pendidikan ini, kemarin.

Tim Totabuanews

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.