Master Chef Masak Makanan “Manuk Sinorang”

0
583
Master Chef Masak Makanan “Manuk Sinorang”

TOTABUANEWS, KOTAMOBAGU — Masih dalam rangkaian Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Kotamobagu (KK) yang ke-9, Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu, menggelar Festival Kuliner Tradisional Mongondow dengan tema Pesona Indonesia, Rabu (25/05/2016).

Festival tersebut, dilaksanakan di lapangan olahraga Kelurahan Sinindian Kecamatan Kotamobagu Timur (Kotim), dengan dihadiri oleh juara Master Chef, William Goazali.

Dihadapan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Kotamobagu Ir Hj Tatong Bara dan Drs Jainudin Damopilii, dan para peserta kuliner yang mengikuti lomba, Master chef Willim Gozali, unjuk kebolehan memasak (Demo, red). Juara Master Chef season 3 itu, memilih makanan tradisional (Ayam Sinorang), sebagai bahan untuk dimasak.

Dikatakan, Master Chef disaat masih mengikuti lomba, mereka harus bisa menguasai masakan-masakan yang berasal dari Indonesia dan Luar Indonsia. “Kita di Master Chef harus bisa membuat berbagai masakan, baik yang berasal dari dalam maupun luar negeri,” kata Wiliam, sebelum demo masak.

Menu pertama, telah selesai dimasak olehnya, dan Hasil masakan Wiliam ini, langusng mendapat pujian dari Wali kota, dan Wakil Wali kota, yang berkesempatan mencicipi buah inovasi sang Master Chef.  “Ini bumbunya terasa lebih menyatu dengan daging ayam, dan lebih gurih. Mungkin karena sudah digoreng lebih dulu. Akan tetapi, rasanya ini agak manis, sebab tadi sudah dicampur sedikit gula, sementara kita di Mongondow umumnya lebih menyukai masakan pedas. Makanya kalau orang Mongondow yang memasak, biasanya tidak ditambahkan gula,” ujar  Tatong saat memberikan tanggapan ketika mencicipi makanan.

Setelah msakan, khas Bolmong, William langsung melanjutkan menu makanan yang kedua, yakni udang goreng, dengan cara yang berbeda. “Kalau menggoreng udang, bagusnya ditusuk dulu dari ekor hingga kepala, biar udang tidak bengkok saat digoreng,” ucapnya.

Gian Limbanadi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.