Pemkot Siapkan Konsep Desa Wisata

0
44
Terapkan Sistem Ini, Kotamobagu Dilirik Banyak Daerah
Agung Adati

TOTABUANEWS, KOTAMOBAGU – Pemerintah Kota (Pemkot) melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disparbud) Kotamobagu telah menyiapkan program andalan, yakni Desa wisata.  Menurut, Kepala Disparbud Kotamobagu, Agung Adati, kinsep desa wisata yang ada di wilayahnya, bjsa menjadi andalan untuk mengangkat taraf hidup masyarakat.

“Sektor pariwisata bisa menjadi sektor penopang pemasukan bagi daerah dan masyarakat. Setiap daerah memiliki kekhasan atau penonjolan karakteristik alam maupun kultural dan aspek lainnya,” kata Agung.

Mantan Kadis Kominfo Kotamobagu mengatakan,  desa memiliki segudang potensi yang bisa diangkat menjadi komoditas dan bisa  dipoles dengan manajemen strategi yang tepat untuk menjadi desa wisata.

Antara lain akan dilihat dari keindahan alam, hasil bumi, kekayaan flora fauna atau hayati, sosio kultural, masyarakat, tradisi atau hal-hal yang bersifat khas yang unik yang tak dimiliki daerah lain.

“Konsep itu saya pikir akan kita rancang ke depan, salah satunya adalah pengembangan destinasi air terjun molimpungan di Desa Kobo Kecil Kecamatan Kotamobagu Timur,” katanya.

Saat ini, menurutnya  Detail Enginering Desain (DED) sudah ada, tinggal pembebasan lokasi. Namun lanjutnya, perangkat aturan atau regulasi harus juga disiapkan agar berjalannya aktivitas wisata beserta dampaknya tetap berada dalam koridor regulasi sebagai payung hukumnya. “Banyak tahapan yang harus dilewati. Termasuk pelatihan bagi seluruh komponen desa, yang ada di dalamnya pemerintah desa agar bisa tahu tentang manajemen pariwisata,” katanya.

Belajar pada kesuksesan desa wisata lainnya lanjut Agung, yakni studi banding. “Banyak belajar pada keberhasilan desa wisata lain khususnya yang sejenis. Karena tipikal permasalahan dan tantangan masa depan yang bakal dihadapi kurang lebih sama,” tandas Papa Fatur sapaan akrab Agung Adati.

 

 

Tim Totabuanews

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.