Pemkot Siapkan Rumah Produksi Gula Aren di Moyag

0
94
Pemkot Siapkan Rumah Produksi Gula Aren di Moyag
Kondisi rumah produksi gula semut di Desa Moyag. Foto Gery
TOTABUANEWS, KOTAMOBAGU – Potensi gula aren di Desa Moyag, Kecamatan Kotamobagu Timur yang sangat menjanjikan membuat Pemerintah Kota (Pemkot)  Kotamobagu terpanggil untuk mengembangkannya. Selain memberi pelatihan bagi para pengrajinnya, Pemkot sendiri sudah menyiapkan rumah produksi serta mesin pencetak gula aren sebagai infrastruktur penunjang dalam peningkatan kualitas dan produktifitasnya.
Pantauan di lokasi proyek, saat ini para pekerja sementara menyelesaikan pembangunan di beberapa sisi bangunan serta melakukan penataan bagian luar atau halaman rumah produksi. Sementara itu di bagian dalam sudah tersedia beberapa unit mesin pencetak gula aren.
“Pembangunannya sementara berlangsung. Insya allah tahun depan sudah rampung dan bisa segera difungsikan,” kata Sekretaris Desa (Sekdes) Moyag, Maskur Gumalangit, Senin (02/10/2017).
Menurutnya, air nira sebagai bahan dasar pembuatan gula aren dari petani akan dibawa ke dalam rumah produksi tersebut kemudian diolah menjadi gula aren.
“Adanya tempat produksi  seperti ini, proses pengolahannya akan lebih cepat dan menghemat biaya, Kemudian kualitasnya juga tentu akan lebih baik, Rumah produksi Ini akan sangat membantu para petani gula aren disini.  Adanya tempat produksi ini, kami sangat berterimah kasih dan mengapresiasi kepada Pemkot Kotamobagu,” jelasnya.
Peliput: Gery Liangga

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.