RSUD Kotamobagu Disiapkan jadi Alternatif Rujukan di Sulut

0
120
RSUD Kotamobagu Disiapkan jadi Alternatif Rujukan di Sulut
RS Pobundayan
TOTABUANEWS, KOTAMOBAGU – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kotamobagu disiapkan menjadi rujukan regional di wilayah Sulawesi Utara (Sulut). Tak hanya itu, rumah sakit yang berlokasi di Kelurahan Pobundayan, Kecamatan Kotamobagu Selatan, itu akan didorong naik status menjadi tipe B. Hal ini diutarakan Wakil Gubernur (Wagub) Sulut, Steven Kandouw.
Menurutnya, arah dan kebijakan pembangunan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulut terbagi dalam tiga clushterClushter satu adalah pembangunan di sektor pariwisata yang terfokus di wilayah Manado, Minahasa, Bitung dan Tomohon. Clushter dua adalah pembangunan di sektor perikanan yang berfokus di wilayah Nusa Utara. Sedangkan clushter tiga di Bolmong Raya, adalah fokus peningkatan pelayanan kesehatan. “Tahun lalu orang Bolmong Raya yang meninggal dalam perjalan saat rujuk ke Manado ada 182 orang. Ini sangat memprihatinkan. Sehingga itu, pemerintah provinsi menetapkan fokus pembangunan di Bolmong Raya adalah di sektor kesehatan. Rumah sakit Kotamobagu akan kita dorong jadi tipe B dan menjadi rumah sakit rujukan kedua di Sulawesi Utara,” kata Steven, kemarin.
Ditambahkannya, tahun depan Pemprov Sulut akan mengalokasikan anggaran sebesar Rp25 miliar untuk peningkatan infrastruktur RSUD. “Itu di APBD Induk, kemudian akan ditambah lagi di APBD Perubahan. Anggarannya dikalkulasikan sebesar seratus sepuluh miliar. Nantinya kami akan melobi di pusat untuk penambahan anggaran pembangunannya. Tahun depan sudah harus tipe B. Ini adalah cita-cita kita bersama,” tuturnya.
Peningkatan kualitas infrastruktur dan pelayanan di RSUD Kotamobagu saat ini terus diupayakan Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu. “Infrastrukturnya sedang terus diupayakan dan itu harus ditopang dengan tersedianya tenaga kesehatan, agar masyarakat yang membutuhkan pelayanan kesehatan bisa terlayani dengan baik. Usulan penambahan tenaga kesehatan sudah kami serahkan ke Menpan RB beberapa waktu lalu,” ujar Walikota Tatong Bara
Peliput : RMM

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.