Tim Terpadu Sisir Pusat Perbelanjaan dan Pasar

0
52
Tim Terpadu Sisir Pusat Perbelanjaan dan Pasar
Kadisperindagkop-PM Kotamobagu, Herman Aray saat sidak
TOTABUANEWS, KOTAMOBAGU – Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Penanaman Modal (Diseprindagkop dan PM) melakukan inspeksi mendadak (sidak) barang dan bahan pokok (bapok) di pusat-pusat perbelanjaan, Kamis (15/12). Hal itu dilakukan guna menjamin kelayakan barang yang diperjualbelikan jelang natal dan tahun baru.
Pantauan koran ini, meski tak mendapati ada barang atau bahan pokok yang sudah kadaluarsa, namun tim terpadu tersebut menemukan ada beberapa jenis makanan yang belum teregistrasi di Balai Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM). Hal itu langsung ditindaklanjuti dengan membawanya untuk di uji sampel soal kelayakannya.
“Makanan yang dijajakan semuanya harus teregistrasi di BPOM. Kalau tidak harus dikembalikan lagi kepada pemilknya untuk proses registrasi, karena disitu akan diketahui kelayakan makanan yang diperjualbelikan,” kata Kepala Disperindagkop dan PM, Herman Aray.
Tak hanya di pusat-pusat perbelanjaan, tim terpadu juga akan menyisir sejumlah pasar tradisional memeriksa kualitas bahan pokok, daging maupun sembako yang dijajakan, sekaligus meninjau pergerakan harga bahan di pasaran. “Kita akan turun ke pasar besok (hari ini, red). Jelang natal seperti ini sangat rentan dengan permainan harga. Untuk itu kita awasi terus, jangan sampai ada permainan harga di tingkatan pedagang,” ujarnya.
Ditambahkannya, selain sidak bersama tim terpadu, Disperindagkop juga setiap harinya mengawasi peredaran serta pergerakan harga barang atau bahan di pasaran. “Pengawasan tak hanya dilakukan jelang natal seperti ini, tapi setiap harinya,” tambahnya.
Peliput : RMM

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.