Warga Miliki Gangguan Jiwa Dilayani Khusus

0
37
Warga Miliki Gangguan Jiwa Dilayani Khusus
TOTABUANEWS, KOTAMOBAGU – Yanto Potabuga (21), warga Kelurahan Mongkonai, Kecamatan Kotamobagu Barat, yang diduga mengalami gangguan jiwa, terpaksa masih menahan derita dipasung oleh keluarganya. Pasalnya, upaya membawa Yanto ke Rumah Sakit Jiwa (RSJ) di Manado, masih terkendala dana.
Dinas Kesehatan (Dinkes) bersama Dinas Sosial (Dinsos) telah mengunjungi kediaman Yanto beberapa waktu lalu. Selanjutnya, kedua instansi itu berkoordinasi dengan pihak RSJ untuk tindaklanjut penangannya secara medis.
“Memang kami sudah menyiapkan mobil untuk membawanya ke Manado. Tapi anggaran untuk perjalanan tidak ada. Dari bendahara mengatakan belum ada anggaran untuk itu,” kata Kepala Seksi Pelayanan Kesehatan, Deiske Kanter.
Sekretaris Kota (Sekkot), Tahlis Galang, meminta Dinkes dan Dinsos segera menindaklanjuti warga yang membutuhkan pelayanan khusus.
“Anggarannya ada. Mereka salah persepsi kalau bilang tidak ada. Warga miskin, disabilitas atau yang memiliki gangguan jiwa masuk kategori khusus. Pelayanannya juga dikhususnya dan harus segera dilakukan. Saya minta dinas kesehatan dan dinas sosial terus berkoordinasi dan langsung menindaklanjuti,” ujarnya.
Peliput : RMM

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.