Kunjungi UPT BP2MI Manado, Disnakertrans Bolmong Bahas Diklat CPMI

0
84

TNews, BOLMONG — Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) Deddy Mokodongan melakukan kunjungan ke kantor UPT BP2MI Manado, Selasa (26/1/2021).

Kunjungan yang dilakukan tersebut dalam rangka koordinasi dan konsultasi terkait pembiayaan pendidikan dan pelatihan bagi Calon Pekerja Migran Indonesia (CPMI) asal bolmong.

Dalam pertemuan itu diketahui, turut dihadiri LPK Genima milik Rumah Jompo Gerontopia Niigata Jepang yang telah bekerjasama dengan BP2MI.

Hendra Makalalag selaku Kepala UPT BP2MI Manado menyambut antusias kunjungan Disnaker Bolmong.

Menurut Hendra, pendidikan dan pelatihan bagi CPMI memang menjadi tugas dan tanggung jawab dari pemerintah kabupaten/kota.

“Menurut UU nomor 18 Tahun 2017 tentang Pelindungan Pekerja Migran Indonesia pasal 41 huruf f, pemerintah kabupaten/kota memliki tugas dan tanggung jawab menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan kerja kepada CaPMI. Untuk itulah kunjungan dari Kadisnakertrans Bolmong hari ini adalah bentuk pelaksanaan amanah dari UU nomor 18 tahun 2017,” ungkap Makalalag.

Selain membicarakan tentang pembiayaan pendidikan dan pelatihan bagi CPMI, Kadisnakertrans Bolaang Mongondow Deddy Mokodongan juga turut menyampaikan soal Rencana Kerja terkait pelindungan bagi CPMI asal daerahnya.

“Sebentar lagi Pemkab Bolmong akan segera menandatangani Nota Kesepakatan dengan BP2MI terkait pelindungan PMI asal daerah kami. Untuk mendukung kelancaran kegiatan ini, maka kami mengadakan kunjungan ke UPT BP2MI Manado. Selain berkoodinasi dan berkonsultasi masalah pembiayaan pendidikan dan pelatihan bagi CPMI, juga menyampaikan rencana kerja demi kelancaran program ini kedepannya,” ujarnya.

Imran Asiaw

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.