Lima Fraksi di DPRD Sepakat Tetapkan Perda APBD Minut 2021

0
68

PJs Bupati Clay Tuai Apresiasi Dewan Minut

TNews, Minut – Setelah melalui tahapan pengusulan dan pembahasan antara Pemerintah Kabupaten dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Minahasa Utara (Minut) akhirnya Rancangan Peratruan Daerah (Ranperda) APBD 2021, Senin (30/11/2020), diterima oleh 5 fraksi DPRD yang dengan bulat menerima dan menetapkan APBD Minut 2021 berbandrol Rp1 triliun, dalam sidang paripurna DPRD Minahasa Utara, ywng dilaksanakan menjelang dini hari itu.


Fraksi pertama yang menyatakan menerima Ranpersa APBD 2021 menjadi peraturan daerah APBD 2021 adalah PDIP, dan diikuti, Fraksi Nasdem, Fraksi Demokrat, Fraksi Klabat dan Fraksi Partai Golkar.


Usai Ketua DPRD Denny Lolong mengetuk palu persetujuan DPRD, dilanjutkan penandatanganan berita acara persetujuan oleh pimpinan DPRD bersama Pns Bupati Minahasa Utara Clay June Dondokambey SSTP.L MAP. “Terima kasih atas perseretujuan dan sinergitas ini. Semuanya untuk kemajuan pembangunan di Minahasa Utara,” kata Dondokambey.

Sementara itu kinerja Pjs Bupati Minut Clay Dondokambey mendapat apresiasi positif anggota dewan Minut. Menurut politisi Gerindra Sintia Erkles, kinerka Dondokambey selama dia bulan ini telah memberi perubahan dimana pemkab dapat bersinergi dengan dewan untuk kepentingan rakyat. Demikian juga Edwin Nelwan politisi Golkar, menyebut Clay adalah bupati yang Smart, terbuka dan adil dalam tugas-tugas pemerintahan bahkan anggota dewan lain, melalui fraksinya menyampaikan hal yang positif terhadap Pjs Bupati.

“Kalau sudah balik lagi ke provinsi, tolong lia-lia akang tu Minut,” kata ketua DPRD Minut Denny K Lolong dalam logat Manado, usai mengetuk palu pertanda ABPD 2021 disetujui.

Clay June Dondokambey SSTP MAP mengatakan, dirinya berterima kasih atas apresiasi dan penghargaan tersebut. Menurutnya, semua itu hanya kemurahan Tuhan bagi dirinya, serta sinergitas bersama DPRD, ASN serta masyarakat Minut yang punya komitmen dan kemauan untuk berubah menuju pada arah dan tujuan yang baik.


Berbagai kalangan menilai, Pjs Bupati Clay June Dondokambey SSTP MAP, mampu menyelesaikan pembahasan perubahan APBD 2020, menuntaskan pembayaran penghasilan tetap perangkat desa Semester Dua yang mandek Juli, dan nanti dibayarkan Oktober sejak Dondokambey memimpin. Clay mampu menyelesaikan pembayaran Tunjangan Kinerja Daerah ASN lewat dana perubahan APBD. ASN sendiri hanya menerima TKD sampai Agustus, dan kabarnya sisa TKD 4 bulan, September sampai Desember tidak bisa dibayarkan, karena anggaran tersebut telah diserap untuk Covid 19. Berkat perjuangan Dondokambey mengawal penyesuaian anggaran perubahan perangkat daerah sampai larut malam, akhirnya, TKD September dan Oktober bisa dianggarkan dan dibayarkan. Sementara TKD November dan Desember mungkin tidak terbayarkan di tahun ini. (PCV-Hms)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.