Ini Alasan Perubahan AKD Dekot Manado

0
184

TNews, MANADO – Ketua fraksi PAN DPRD Manado Boby Daud mengatakan terjadinya perubahan pimpinan AKD mendekati akhir tahun 2019 adalah bagian dari kesepakatan fraksi. Hal itu dikatakannya usai rapat paripurna DPRD dan Pemkot atas pembicaraan tingkat II tentang RPJMD kota Manado 2016-2021,di Tikala, Senin (30/12/2019). “Adapun perubahan dalam AKD itu pertama adalah bagian dari kesepakatan fraksi, kenapa demikian, karena akhir-akhir ini kita melihat bahwa agak sedkit terganggu ini suasana kebathinan antara pemerintah kota Manado dan DPRD,” kata Boby Daud.

Menurut Boby Daud hal ini dilakukan untuk menjaga sinergitas serta kemitraan antara legislatif dan eksekutif. “Kita semua paham semua ini adalah lembaga politik dan ini semua adalah kesepakakatan bersama semua anggota DPRD untuk menjaga sinergitas dan sebagai mitra kerja DPRD dan Pemkot sebagai penyelenggara pembangunan daerah,” ujar Boby Daud.

Dijelaskan, sebelumnya ada kekwatiran  jangan sampai  ada pihak-pihak tertentu yang memanfaatkan situasi dan kondisi sehingga akan ada ketersinggungan  yang menjadikan persoalan melebar. “Jika ini terjadi maka akan mengganggu pelayanan kepada masyarakat,” ucapnya.

Bobby mencontohkan RPJMD yang sudah dimasukkan oleh pemkot Manado ke DPRD beberapa waktu lalu karena persoalan AKD maka ini belum selesai. “Karena kita sadar ini menghambat, maka DPRD Manado menghilangkan sekat-sekat itu sehingga bisa ditetapkan,” ungkapnya.

Karena menurutnya kalau sampai akhir tahun perubahan RPJMD tidak ditetapkan maka wali kota tidak bisa menggunakan APBD, karena program dan keuangan bersumber pada RPJMD. “Memasuki 2020 benar-benar akan kita tunjukkan bahwa DPRD dan Pemkot Manado adalah penyelenggara pemerintah daerah yang bersinergi dan memberikan pelayanan terbaik bagi kepentingan masyarakat,” pungkasnya.

Diketahui dalam rapat paripurna terjadi perubahan pimpinan AKD, dimana ketua komisi II dari Hengky Kawalo (PDIP) setelah dilakukan pemilihan beralih ke Arthur Rahasia (Nasdem) dan wakil ketua komisi IV dari Bambang Hermawan (PAN) beralih ke Yanti Kumendong (Nasdem).

 

Sumber : beritamanado.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.